Dikunjungi Tjhai Chui Mie, Hadianto Usul Jalin Kerjasama Tenaga Kerja

PALU,CS – Kunjungan kerja Wali Kota Singkawang Kalimantan Barat, Tjhai Chui Mie bersama rombongan ke Kota Palu disambut hangat Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dan wakil, Reny Lamadjido, Senin 15 Maret 2021.

Pertemuan dua jajaran pemerintah daerah dilaksanakan di Ruang Bantaya Kantor Wali Kota Palu.

Dalam kesempatan ini, Hadianto mengawali diskusi dengan memaparkan visi misi dan program kerja Pemkot Palu.

Ia berharap kunjungan kerja Wali Kota Singkawang ini bisa menghasilkan kerjasama antar daerah.

“Kami berharap bisa terjalin kerjasama antara daerah. Semoga ini menjadi kerja sama pertama,”kata Hadianto.

Baca Juga :  Wali Kota Palu dan DPRD Teken Persetujuan Ranperda Penyalahgunaan Narkotika

Salahsatu ide yang dikemukakan Hadianto adalah kerjasama dalam hal transfer Tenaga Kerja (Naker) dari Kota Palu ke Singkawang. Hal ini menurutnya bisa menjadi langkah bersama menciptakan lapangan kerja.

“Kami punya ide agar masyarakat kita bisa terbuka lapangan kerja. Karena pada dasarnya investasi itu tidak masuk di daerah secara bersamaan. Karenanya kami berharap kerjasama ini sehingga transfer tenaga kerja bisa dilakukan,”harapnya.

Hadianto merinci, transfer tenaga kerja ini setidaknya bisa dilakukan dengan kuota sebanyak tiga sampai dengan lima persen dari misalnya seribu pencari kerja.

Baca Juga :  Rembuk Nasional Forpimawa, Wali Kota Palu Bicara Isu Bonus Demografi

“Mislanya ada seribu pencari kerja. Berarti ada 30 yang bisa ditransfer. Kerjasama ini jika dilakukan dengan banyak daerah, maka bisa menjawab ketersediaan lapangan kerja. Sehingga lapangan kerja itu bukan hanya ada di Kota Palu saja. Tetapi bisa di daerah lain,”paparnya.

Untuk diketahui, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dalam kunjungan kerja ini datang bersama Ketua DPRD Singkawang, Sujianto, Sekda Kota Singkawang, H Sumastro serta anggota DPRD Singkawang dan Kepala OPD Singkawang

Tjhai Chui Mie mengaku sangat berterimakasih atas sambutan Pemkot Palu. Iapun berharap dari pertemuan ini bisa menghasilkan sesuatu yang positif dan bisa saling bersinergi.

Baca Juga :  Bumikan Pancasila, Pemkot Palu Terapkan Salam Pancasila dan Lagu Kebangsaan Tiga Stansa

Kota Singkawang juga disebut San Khew Jong. Terletak sekitar 145 km sebelah utara dari Kota Pontianak, ibu kota provinsi Kalimantan Barat, dan dikelilingi pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakok. Nama Singkawang berasal dari bahasa Hakka, San khew jong yang mengacu pada sebuah kota di bukit dekat laut danestuari.(TIM)

 

Pos terkait