Wawali Palu Harap PK21 Tersosialisasi Baik

PALU, CS – Wakil Wali (Wawali) Kota Palu dr Reny Lamadjido berharap Pendataan Keluarga Tahun 2021 (PK21) dapat tersosialisasi secara luas ketengah masyarakat.

Harapan ini ia kemukakan dalam kegiatan orientasi PK21 bagi kader pendata yang dilaksanakan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) kota Palu, Selasa 23 Maret 2021 di hotel Lawahba Palu.

“Dengan pelaksanaan orientasi pendataan kependudukan, para kader dapat mengikuti dari awal sampai akhir agar apa yang kita harapkan dari kegiatan ini dapat tersosialisasi dengan baik,”kata Wawali dalam sambutannya.

Baca Juga :  Gerak Cepat Pemkot Palu Menangani Dampak Kebakaran Pasar Masomba

Wawali dalam kesempatan itu menyatakan penghargaan sebesar-besarnya terhadap BPKKB Palu atas terlaksananya kegiatan ini.

Karena menurutnya, dalam undang-undang nomor 52 tahun 2019 tentang pengembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, pemerintah daerah wajib mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data dan informasi mengenai kependudukan dan keluarga.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui sensus, survey, dan pendataan keluarga,” katanya.

Pendataan keluarga jelasnya juga penting bagi pemerintah dalam menyediakan basis data keluarga. Sebagai basis data dalam intervensi program pembangunan keluarga kependudukan, keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan program pembangunan lainnya.

Baca Juga :  Gandeng BKPRMI,  MIT An Nur Buuts Gelar Lomba Nuansa Islami

Rencananya, PK21 dilaksanakan secara serentak pada tanggal 1 sampai dengan 30 April 2021 di seluruh provinsi di Indonesia dan akan dilaksanakan oleh kader setempat di wilayah pembinaan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan atau Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

“Selain pendataan juga melakukan komunikasi, informasi, dan edukasi serta penyuluh program Bangga Kencana kepada keluarga di lingkungannya,”demikian Wawali.

Kegiatan orientasi PK21 ini dihadiri langsung Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Maria Ernawati.(**/TIM)

Pos terkait