Silaturahim, Muchtar Deluma-NU Sulteng Bahas Konsolidasi Partai

PALU,CS – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Tolitoli H Muchtar Deluma mengunjungi jajaran pengurus Nahdatul Ulama (NU) wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu malam 31 Maret 2021 di Warkop Anshor

Kunjungan silaturahim Muchtar Deluma dihadiri langsung Ketua NU Sulteng , H Abdollah Latopada beserta sejumlah pengurus NU kabupaten/kota di Sulteng.

Forum inipun menjadi ajang diskusi. Membahas rencana-rencana strategis membesarkan PKB dan NU, khususnya di Tolitoli.

Muchtar dalam kesempatan itu mengaku sangat dekat dengan NU. Bahkan jauh sebelum dirinya berniat mencalonkan diri sebagai Bupati Tolitoli. Itupula yang menjadi alasan utama mengapa kemudian ia bersedia diberi amanah sebagai Ketua PKB Tolitoli.

Baca Juga :  Survei Elektabilitas Paslon Pilgub Sulteng Dilakukan Poltracking Pesanan?

“Kalau bukan karena NU saya tidak ke PKB. Karena sejak dulu orang tua telah memasang simbol-simbol NU di rumah kami,”ungkapnya membuka diskusi ringan yang dipandu Sekretaris NU Sulteng, Adha Nadjamuddin.

Setelah terpilih menjadi Ketua DPC, Muchtar menyebut punya sejumlah rencana. Bersama-sama membesarkan PKB sekaligus NU di Tolitoli. Langkah awalnya akan membangun komunikasi dengan personal pengurus PKB yang dikabarkan angkat kaki dari partai itu.

“Kita ingin komunikasikan apa penyebabnya mereka meninggalkan partai. Sehingga kita faham apa yang harus dilakukan untuk kembali membangun struktur partai,”ucapnya.

Setelah itu kata Muchtar baru kemudian memikirkan bagaimana menyediakan finansial organisasi. Untuk rencana ini Muchtar menjelaskan punya rencana membuka lahan perkebunan jagung dan peternakan ayam kampung ditingkat ranting kepengurusan.

Baca Juga :  DPRD Sigi Terima Tiga Ranperda Usulan Pemkab

“Kita buka dua hektar setiap ranting. Lahan kita begitu luas untuk dimanfaatkan,”jelasnya.

Hasil produksi perkebunan jagung ini diatur sedemikian rupa agar bisa disisihkan menjadi kas organisasi pengurus ranting.

“Soal modal itu kita pikirkan bagaimana bisa mendapat pinjaman dari perbankan. Misalnya dengan skema KUR. Saya optimis dengan hitungan setiap produksi itu bisa disisihkan antara pendapatan dan pengeluaran untuk membayar kredit pinjaman,” katanya.

Sementara itu, Ketua NU Sulteng, Abdollah Latopada menyambut baik gagasan-gagasan ketua PKB Tolitoli tersebut.

Iapun langsung meminta Ketua Dewan Tanfidz NU Tolitoli, Jabir Rabbile yang hadir dalam kesempatan itu untuk mendukung secara penuh program-program konsilidasi PKB.

Baca Juga :  Bawaslu Sulteng Bicara Tantangan Pengawas di Pertemuan Terkait Anggaran Ditintelkam Polda Sulteng

“Ini permintaan secara resmi kelembagaan. Kita punya kepentingan NU berkembang di Tolitoli. Saya optimis PKB dan NU bisa besar,”katanya.

Dengan strategi yang dibangun Muchtar Deluma tersebut, ia berharap bisa membawa aspirasi warga NU yang secara otomatis juga adalah PKB.

“Dan PKB dipastikan bisa membawa aspirasi warga Nahdiyin. Karena strategi ketua PKB itu, NU bisa dihidupkan ditingkat ranting,”harapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Tanfidz NU Tolitoli, Jabir Rabbile mengaku siap menjalankan instruksi ketua wilayah.

Menurutnya, langkah awal yang akan dilakukan adalah konsolidasi kepengurusan seluruh organisasi-organisasi dibawah bendera NU.(TIM)

Pos terkait