MAN IC Palu Kembali Telorkan 129 Alumni Berpretasi dan Penghafal Al-Qur’an

Peserta wisudawati MAN IC Palu yang mengikuti Wisuda Purnasiswa angkatan II dan III, di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu MAN IC Palu, Sabtu 22 Mei 2021 siang. (FOTO : Channelsulawesi.id)

PALU, CS – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekiyah (MAN IC) Palu melaksanakan Wisuda Purnasiswa Angkatan II dan III.

Kegiatan itu dilaksanakan dengan menerapkan protocol kesehatan (Prokes) Covid-19, di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu MAN Insan Cendekia Palu. Sabtu 22 Mei 2021 siang.

“Peserta wisuda hari ini berjumlah 129, terdiri dari 39 angkatan II dan 90 angkatan III,” ujar Kepala MAN IC Palu, Soim Anwar ditemui usai prosesi wisuda.

Soim Anwar  menyampaikan selamat kepada peserta Wisuda, sekaligus berterima kasih kepada seluruh civitas MAN IC Palu yang turut berkontribusi dalam menghasilkan peserta didik yang berprestasi, termasuk dalam mensukseskan kegiatan itu.

Dikesempatan yang sama, Kepala Kemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu mengaku sangat memberikan pelajaran yang berharga melalui prosesi wisuda, terutama kepada siswa-siswi yang sementara belajar.

Dia berharap, pada wisudawan kedepan terutama harus prestasi di Bidang Tahfidz akan lebih meningkat, karena wisudawan tahun ini ada yang sudah menjadi penghafal Al-Qur’an 10 Juz, 7 Juz dan 2 Juz.

Baca Juga :  55 Peserta Ikut Seleksi Kompetensi P3K Fungsional Nakes Pemkot Palu
Prosesi pemindahan tali toga kepada salah satu peserta wisuda oleh Kepala MAN IC Palu, Soim Anwar, di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu MAN IC Palu, Sabtu 22 Mei 2021 siang. (FOTO : Dok Humas Kemenag Sulteng)

Menurut Nasruddin, tahun depan anak didik harus diberi target minimal 5 Juz,  bahkan bila perlu harus bisa tembus 15 juz.

“Ini akan kita control tiap bulan, agar anak-anak kita di sini setiap hari memfokuskan untuk Bidang Tahfidz,  karena tentunya harapan kita anak-anak ini menjadi sarjana dan penghafal Al-Quran, untuk kepentingan kita dan negara ini,” tekannya.

Oleh karena itu, Nasruddin berjanji akan mendorong kepala dan guru-guru MAN IC Palu serta pembina asrama agar memfokuskan hafalan itu, namun tidak menyampingkan pengetahuan umum.

Dipenghujung dia berharap kepada peserta wisuda, agar ilmu dan keterampilan yang didapatkan dapat terus diasah, dan kelak ilmu yang didapat dari MAN IC  bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan bangsa.

“Mulai hari ini secara resmi kalian telah berhasil menyelesaikan proses pendidikan formal di MAN IC Palu. Oleh karena itu dimanapun nanti kalian berada, tetaplah selalu menjadi teladan dilingkungan keluarga dan masyarakat. Ini semua merupakan hasil kerja keras, kesabaran, doa dan kerja keras dari kalian dalam menjalani studi. Semoga ilmu dan keterampilan yang didapatkan dapat terus diasah dan kelak bermanfaat,” pesan Nasrudin.

Baca Juga :  Wali Kota Serahkan Bonus Atlet Porprov IX Kota Palu

Sementara, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi tengah (Sulteng), H. kiflin Padjala mengatakan, kegiatan itu baru dilaksanakan karena tahun sebelumnya belum bisa dilaksanakan akibat merebaknya pandemic Covid-19. Tahun ini bisa dilaksanakan dengan baik karena usaha-usaha dari seluruh keluarga besar Kemenag  yang terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

“Apa yang kita saksikan hari ini adalah hasil terbaik yang kami cetak dalam dua tahun terakhir ini, dan sekarang ini anak-anak kita yang masuk diberbagai perguruan tinggi di Indonesia dan diterima dengan baik, ada yang mendapat beasiswa kemudian ada mandiri dan Alhamdulillah kita bisa kompetitif dengan lulusan MAN IC lainnya di Indonesia,” katanya.

Baca Juga :  AHA Center Serahkan Bantuan Huntap Tahap 2 di Kampung Asean Tondo

Kiflin juga mengaku mengaku bersyukur, sekaligus mengucapkan terimakasih kepada orang tua santri MAN IC Palu yang mempercayakan pendidikan anak-anaknya di MAN IC Palu.

Pejabat Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid Penmad) Kanwil Sulteng itu menambahkan,  prosesi wisuda itu bagi anak didik merupakan awal baru untuk menuju tahapan selanjutnya. Sehingga dia berharap, seluruh lulusan MAN IC Palu terus menorehkan prestasi di bidang masing-masing, dan menjadi generasi emas dimasa depan.

“Saya bersyukur kegiatan ini berjalan dengan baik, sekaligus saya menyampaikan selamat kepada seluruh peserta Wisuda Angkatan II dan III. Seluruh lulusan MAN IC Palu merupakan generasi emas yang diharapkan akan menjadi pemimpin di masa mendatang,” tandasnya.

Acara Wisuda juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Donggala, Kepala Madrasah Kota Palu, Kapolsek Palu Utara serta para orang tua dan wali murid. (YM)

Pos terkait