BKKBN Sulteng Gelar Workshop 1001 Cara Bicara Orang Tua ke Remaja

SULTENG,CS- Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar workshop bertema tentang kita dan 1001 cara bicara orang tua dengan remaja di Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep)

Kegiatan ini berangkat dari soal karena pada fase remaja tidak jarang orangtua mengalami tantangan dalam berkomunikasi dengan anak-anaknya.

Akibatnya komunikasi menjadi terhambat. Padahal melalui komunikasilah anak banyak belajar dari orangtuanya.

Komunikasi bagaikan jarum yang merajut benang hubungan orangtua dan anak sehingga terjalin ikatan yang erat.

Tanpa komunikasi yang baik antar orangtua dan anak mustahil dapat tercipta sebuah hubungan yang positif. Maka orangtua tak dapat menjalankan peran pengasuhan maupun pendidikan bagi anaknya.

Baca Juga :  Parah ! Investasi Pertambangan di Morowali Banyak Masalah

Sehubungan dengan hal tersebut maka Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi tengah mengadakan “Workshop Parenting 1001 Cara Bicara Orangtua dengan remaja bagi Kelompok dan Kader BKR di Kabupaten Bangkep.

Dengan menghadirkan narasumber Kepala Dinas DP3AP2KB Bangkep dr Silveria Oktaviana Bailia, Sub Koordinator BKR Perwakilan BKKBN Sulteng, Latifah A.Djibran, Widyaisawara . Perwakilan BKKBN Sulteng Annidhama dan Forum Genre Sulteng.

Dalam sambutannya Kepala Dinas DP3AP2KB Bangkep, Silveria Oktaviana Bailia berharap melalui workshop ini bisa melatih bagaimana kader BKR memberi pemahaman kepada orang tua agar mampu berbicara dengan baik dan kemampuan mendengarkan.

Baca Juga :  Muharram Nurdin Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Palu

“Remaja itu tidak hanya perlu untuk di beri arahan tetapi juga perlu di dengarkan. Disini peran orang tua menjadi sangat penting,”jelasnya.

Selain itu kata dia, remaja perlu juga rekan sebaya yang tepat agar dapat menerima masukan dan informasi yang tepat di lingkungan pergaulannya.

Peserta terdiri dari para Remaja di setiap sekolah di Bangkep. Kegiatan ini didahului dengan sambutan dari Kepala Dinas DP3AP2KB Bangkep.

Dia menjelaskan mengenai maksud dan tujuan kegiatan Workshop ini serta pentingnya mengenali cara berkomunikasi yang efektif antara orang tua dan anak.

Baca Juga :  Elisa Bunga Allo Sosman Perda Pengelolaan Hutan di Palu

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Pola Komunikasi dan Pengasuhan Pada Remaja.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada orang tua khususnya Kader Bina Ketahanan Remaja (BKR) tentang 1001 cara bicara orang tua dan remaja agar orang tua mampu berkomunikasi secara efektif dan membantu orangtua membangun hubungan demi menjalankan peran pendidiknya, sehingga mudah berkomunikasi dengan anak remajanya.(***)

Pos terkait