DPRD Sulteng dan Sulbar Tukar Pikir Teknis Pokok Pikiran

DPRD Sulteng dan Sulbar Tukar Pikir Teknis Pokok Pikiran

SULTENG,CS – DPRD Sulteng menerima kunjungan kerja Anggota DPRD Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis 24 Juni 2021. Rombongan diterima Wakil Ketua I DPRD Sulteng HM Arus Abdul Karim, Ketua Komisi II Yus Mangun dan anggota Komisi III Muhaimin Yunus.

Rombongan DPRD Sulbar dipimpin Wakil Ketua Komisi II Moh Hatta Kaing. Beserta anggota diantaranya, H Moh Saiful Tandra, H Darwin Jusung, Rayu dan H Ambo Intang sejumlah staf sekretariat DPRD Sulbar.

Kunjungan DPRD Sulbar ini bermaksud ingin bertukar informasi tentang pembahasan Raperda Laporan pertanggungjawaban APBD Tahun 2020 yang kini akan segera di godok DPRD Sulbar.

Baca Juga :  Optimalkan Pembangunan Remaja, Kedepan Duta GenRe Masuk Desa

Selain itu, DPRD Sulbar ingin mendapat informasi tentang teknis memasukan Pokok Pokok Pikiran ( Pokir) serta pengelolaan tambang agar memberi manfaat bagi daerah Sulbar.

Wakil Ketua I DPRD Sulten Arus Abdul Karim dalam kesempatan itu menjabarkan secara global soal bagaimana sistem penggodokan Raperda pada umumnya.

Sementara Yus Mangun, mengurai bahwa bahwa LKPJ pada prinsipnya telah melalui penyaringan melalui SKPD. Sedangkan LKPD dominasinya ada di DPRD.

Menurut Yus Mangun, antara batang tubuh APBD harus sinkron dengan LKPD untuk menghindari adanya temuan.Termasuk kata dia, jangan sampai ada anggaran yang duplikasi.

Baca Juga :  Bersama PT. Gandu Karya, Pemprov Sulteng Akan Kembangkan Kelapa Genjah

Terkait strategi untuk menggenjot PAD, Yus Mangun menyebut, untuk saat ini sektor pertambangan masih menjadi andalan Sulteng dalam menaikan PAD. Begitu juga sektor perikanan. Termasuk pajak permukaan air juga telah menyumbang sekitar Rp 10 milyar lebih dari PT Poso Energi.

” Makanya semuanya harus ada pembicaraan awal,” ujar politisi Golkar ini.

Sedangkan menyangkut Pokir, lanjut Yus Mangun, semuanya harus dimulai dari kesepakatan awal dengan Bappeda, BPKAD dan Gubernur sebelum masuk dalam pembahasan.

Hal ini kata Yus Mangun membuat pembahasannya lebih cepat dan menyelaraskan dengan aspirasi anggota DPRD.

Baca Juga :  Tak Punya Alas Hak Untuk Dapat Bantuan, Penyintas Bencana Datangi DPRD Sulteng

Pertemuan tersebut akhirnya di tutup dengan pemberian cendera mata dan foto bersama.(HUMAS)

Pos terkait