Bupati Sigi Mohon Dukungan Anggaran Pemprov Sulteng

SULTENG,CS – Bupati Sigi Moh Irwan Lapata menyampaikan langsung permohonan dukungan anggaran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) bagi pembangunan daerahnya.

Permohonan ia utarakan kepada Gubernur Sulteng H Rusdi Mastura, Selasa 6 Juli 2021 saat melakukan audiensi di Ruang Kerja Gubernur Sulteng.

Irwan sangat berterimakasih kepada Gubernur Sulteng yang telah berkomitmen untuk membangun dengan kolaborasi pemerintah kabupaten dan Kota Palu.

Menurutnya, saat ini melihat kondisi Infrastruktur di Kabupaten Sigi perlu dukungan Gubernur Sulteng.

Peningkatan Infrastruktur Kabupaten Sigi kata dia belum bisa maksimal karena keterbatasan APBD. Sehingga perlu dukungan anggaran dari Pemprov Sulteng.

Baca Juga :  Isu Pemanasan Global, Sonny Tandra Singgung Kegiatan PT IMIP di Morowali

Bupati Sigi dalam kesempatan ini juga melaporkan terkait rencana pembangunan Jembatan Palu – Sigi yang sebelumnya sudah ada persetujuan bersama Kota Palu dengan pembiayaan 40:60.

Namun hal itu jelas Irwan dengan melihat kondisi yang ada, hal tersebut belum bisa diwujudkan.

Karenanya ia berharap Gubernur Sulteng dapat merealisasikan rencana tersebut.

Dmikian haknya dengan kondisi pertanian dan perkebunan di Sigi yang juga perlu dukungan anggaran.

Kemudian peningkatan infrastruktur jalan Palu-Sigi – Kalamanta, Sigi -Donggala dan Sigi -Sausu.

Menanggapi, Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura mengatakan, kedepan Kabupaten Sigi sesuai potensi yang akan layak dikembangkan menjadi pusat pertumbuhan agro wisata dan agro industri. Hal tersebut agar bisa meningkatkan nilai tukar petani.

Baca Juga :  Reses di Tambarana Poso, Muhaimin Yunus Prioritaskan Infrastruktur dan Peningkatan SDM

“Kedepan kita harus buka akses pasarnya dengan membangun Infratruktur yang memadai dengan membangun Akses jalan Sigi – Watutu Donggala. Karena disana akan dibangun pelabuhan untuk mempercepat jalur pemasaran hasil petani ke Kalimantan,”jelas Gubernur.

Menurutnya, hal yang perlu dilakukan kedepan adalah peningkatkan fiskal daerah terlebih dahulu agar ada pembiayaan untuk peningkatan infrastruktur mendukung ekonomi masyarakat .

“Kita berdoa agar seluruh kebijakan kita kedepan untuk mempercepat pembangunan di daerah kita wujudkan,”demikian Gubernur.(**)

Pos terkait