Sistem Perekrutan Karyawan PT. CPM Menuai Kritik

PALU, CS – Sistem perekrutan karyawan di PT. Citra Palu Mineral (CPM), menuai kritikan dari tokoh masyarakat yang berada di ring satu lingkar tambang emas Poboya.

Dua tokoh tersebut adalah Presedium CSR Kelurahan Poboya, Idiljan Djanggola dan Amir Sidik dari Kelurahan Talise.

Kata Idiljan, dalam perekrutan tenaga kerja harus punya keseimbangan terhadap kelurahan penyangga yang ada di wilayah Kecamatan Mantikulore.

Sebab, selama ini dia mengamati PT. CPM tidak melakukan hal tersebut, yang semestinya harus memberlakukan semua wilayah ring satu dengan adil.

Baca Juga :  Terkait Perencanaan Pembangunan, Tim Penilai PPD 2023 Bappenas RI Konfrontir Ketua DPRD Palu

Mantan anggota DPRD Kota Palu itu berharap, Humas CPM bisa membangun komunikasi dengan tokoh-tokoh masyarakat yang berada di ring satu perusahaan. Terutama lembaga adat dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

“Saran saya seperti itu. Bukan hanya di Poboya tapi juga termasuk di Kelurahan Talise Valangguni, Tanamodindi,Lasoani, Kawatuna dan Tondo, ” ucap Idiljan, di Palu. Selasa 5 Oktober 2021.

Tokoh Kelurahan Talise, Akbar Sidik. (FOTO : IST)

Terpisah, Tokoh Masyarakat Kelurahan Talise, Amir Sidik meminta Transparansi dari PT CPM terkait Rekrutmen tersebut.

” Ayo kalau mau dan agar dianggap telah merepresentasikan keterwakilan kelurahan prioritas ring satu, maka baiknya pihak CPM harus transparan mengumumkan nama nama warga dari ring satu tersebut yang telah direkrut sesuai dengan kriteria, agar tidak menimbulkan gesekan dan asumsi, ” Katanya.

Baca Juga :  Kawasan Hutan Lindung, Pertambangan dan Budi Daya Belum Masuk dalam RDTR Kota Palu

Amir mengaku, bahwa pihaknya juga telah menelusuri dan mendapatkan informasi adanya warga yang sudah secara administrasi memasukan persyaratan lengkap dengan keahliannya, namun hingga saat ini juga belum mendapat atensi dari Pihak CPM.

“Pelibatan masyarakat ini harus berkeadilan, dan menyentuh hingga masyarakat paling bawah, tidak boleh ada prioritas apalagi sampai menguntungkan secara personal,” tegasnya.

PT. CPM merupakan perusahaan raksasa yang berktivitas di sektor pertambangan emas, di Kelurahan Poboya, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Provinsi Sulawesi tengah. (HM)

Pos terkait