Ingin Mengulang Kesuksesan Mendiang Ayah, Fajrin Siap Maju Cakades Galumpang

TOLITOLI,CS – Sejumlah figur pemuda bermunculan menjelang perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah. Mereka siap mencalonkan diri, beradu gagasan dan konsep demi membangun desanya masing-masing.

Salahsatunya Fajrin Asnawi yang telah memastikan dirinya maju sebagai Calon Kepala Desa (Cakades) Galumpang Kecamatan Dakopamean, Tolitoli.

Fajrin merupakan putra mendiang Asnawi. Mantan Kepala Desa Galumpang periode 1997 – 2007. Mendiang Asnawi adalah figur kepala desa yang sukses mencatatkan sejarah. Yakni mengantar Desa Galumpang meraih juara umum lomba desa tingkat Provinsi Sulteng dan tingkat Kabupaten Tolitoli.

“Saya ingin mengulang kehormatan serta predikat Desa Galumpang seperti saat orang tua saya memimpin kampung ini,”kata suami Sriyanti ini, Selasa 12 Oktober 2021 di kediamannya Desa Galumpang.

Baca Juga :  Lesehan Makanan Jepang Suki And Griil Kini Hadir di Tolitoli

Berangkat dari niat dan motivasi itu, Fajrin kepada media ini mengaku ingin membangun desanya lebih baik dimasa mendatang. Sebagaimana yang pernah dilakukan mendiang ayahnya.

Dengan penuh semangat Cakades Fajrin Asnawi menilai, generasi muda di desanya kini mulai menyadari tentang bagaimana konsep membangun sebuah desa. Bahkan banyak pemuda yang ingin terlibat dalam proses tersebut.

“Saya rasa sekarang ini kaum atau generasi muda sudah mulai sadar tentang bagaimana membangun sebuah desa. Pemuda mulai ingin terlibat dalam proses pembangunan,” ujar ayah dua anak ini

Baca Juga :  Hari ini IPM Sulteng Gelar Musywil XV di Parimo, Ini Tema yang Diusung

Fajrin Asnawi sendiri merupakan sosok pemuda yang kerap kali aktif diberbagai bidang olahraga di desanya. Ia juga pernah tercatat mewakili desa sebagai atlet volleyball tingkat kabupaten.

Fajrin menambahkan, jika mendapat kepercayaan warga untuk menjadi kepala desa dalam Pilkades nanti, maka ia akan mengajak pemuda untuk menggagas pembangunan ekonomi desa dengan sumber daya yang mereka miliki.

Potensi pemuda saat ini lanjut Fajrin adalah kemampuan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Semisal mempromosikan potensi-potensi pariwisata.

“Kita tahu bahwa di desa banyak generasi muda yang memiliki potensi untuk mengembangkan ekonomi. Salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital seperti memasarkan potensi pariwisata dan yang lainnya,”ujarnya optimis.

Baca Juga :  Sewa Jaringan Internet 2022, Pemkab Pasangkayu Teken MoU dengan PT Telkom

Untuk diketahui Pilkades serentak di Kabupaten Tolitoli rencananya akan digelar tahun 2021 ini. Pilkades serentak dilaksanakan untuk 19 desa dan 9 kecamatan termasuk Desa Galumpang Kecamatan Dakopamean.

Berkaitan dengan itu, saat ini desa yang akan menggelar Pilkades diketahui sudah mulai membentuk panitia pemilihan untuk pesta demokrasi yang akan melahirkan birokrasi ujung tombak yakni kepala desa.(Armen Djaru).

Pos terkait