Moh. Faizal Mang Dilantik Jabat Pj Sekretaris Provinsi Sulteng

Ir. Moh. Faizal Mang MM mengambil sumpah sebagai Penjabat Sekprov Sulteng, di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Kamis 4 November 2021. (FOTO : dok Humas Pemprov Sulteng)

SULTENG, CS – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), H. Rusdy Mastura secara resmi melantik dan mengambil sumpah Ir. Moh. Faizal Mang MM sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng, di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Kamis 4 November 2021.

Pelantikan itu berdasarkan SK Gubernur No. 800/85/BKD-G.ST/2021.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sulteng, H. Rusdy Mastura dalam kesempatan itu mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat kepada Ir. Moh. Faisal Mang MM selaku Pj Sekretaris Daerah yang baru.

Baca Juga :  Gubernur Sulteng Minta Pembangun Industri Hilir dari Semua Potensi Daerah di KEK Palu

Gubernur berharap, semoga jabatan yang dititipkan dapat dilaksanakan dengan amanah dan tanggungjawab yang tinggi.

Kepada H. Mulyono, Gubernur memberi apresiasi atas kinerja dan pengabdian selama melaksanakan tugas selaku Pj Sekretaris Daerah.

“Pada kesempatan ini, saya berpesan kepada bapak H. Mulyono selaku Asisten administrasi umum, hukum dan organisasi agar tetap kompak dan bekerjasama dengan bapak Ir. Faisal Mang selaku Pj Sekda yang baru untuk memastikan tugas-tugas pemerintahan, pelayanan dan pembangunan berjalan dengan lancar,” sebut gubernur.

Menurut Gubernur,  Pj Sekretaris Daerah mempunyai tugas-tugas strategis yang diantaranya menerjemahkan konsep dan gagasan, pemikiran kepala daerah untuk dituangkan ke dalam program kebijakan.

“Apabila kepala daerah diumpamakan sebagai otak, maka saudara berperan sebagai jantung, Kalau jantung berdenyut cepat, maka dipastikan aktivitas organ dalam hal ini OPD meningkat pesat, atau kinerjanya memuaskan, akan tetapi jika denyut jantung pelan dan terus melambat, pertanda organ sedang istirahat, sehingga kinerja OPD dapat disimpulkan biasa-biasa saja, atau bahkan kurang memuaskan,” ujar gubernur.

Baca Juga :  Dinilai Cacat Hukum, 23 BPD dan Pilar KKSS Gugat Hasil Muswil - IV KKSS di Luwuk

Gubernur menaruh harapan, kiranya Pj Sekprov yang baru dapat menularkan semangat baru, inovasi dan peningkatan kinerja bagi seluruh ASN. Karena menurutnya, diantara tugas-tugas Pj Sekprov yang terdekat ialah memastikan finalisasi RPJMD kepala daerah menjadi peraturan daerah, sebagai landasan penyusunan dan penetapan program-program OPD yang selaras dengan visi-misi gerak cepat menuju Sulteng yang lebih sejahtera dan lebih maju.

Tugas lain lanjut gubernur ialah memastikan koordinasi dengan seluruh OPD dalam rangka menjalankan anggaran, roda pemerintahan dan pelayanan, serta melakukan pembinaan kepada ASN dan percepatan penanganan dampak-dampak covid-19, sampai dengan dilantiknya sekretaris daerah provinsi yang definitif.

Baca Juga :  Pengaruh Guru Tua Dirasakan Hingga Saat ini

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua TP PKK Prov. Dr. Hj. Vera Rompas, S.Sos, M.Si, Wakil Gubernur Sulteng Drs. H. Makmun Amir, Asisten Administrasi Umum, Hukum dan Organisasi Mulyono, SE, Ak, MM, Staf Ahli Gubernur Bidang SDM Drs. Dahri Saleh M.Si, Kepala BKD Sulteng Asri SH, M.Si, Kepala BPKAD Bahran SE, MM, Plt. Karo Administrasi Pimpinan Eddy Nicolas Lesnusa, S.Sos serta pejabat terkait lainnya. **

                                                                       

Pos terkait