DPRD Sulteng Uji Publik Ranperda Tata Kelola BLU SMK

SULTENG,CS – Komisi IV DPRD Sulteng, menggelar uji publik atas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang tata kelola Badan Layanan Umum (BLU) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Selasa 2 November 2021 di Ballroom Vila Doda Palu.

Uji publik merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang wajib dilaksanakan dalam tahapan penyelesaian sebuah Raperda.

Uji publik dibuka Ketua Komisi IV DPRD Sulteng, Alimuddin Pa’ada dan dihadiri beberapa anggota DPRD Sulteng. Yakni Ibrahim Hafid, H M Nur Dg Rahmatu, I Nyoman Slamet, Sony Tandra, Hidayat Pakamundi, Erwin Burase dan Hj. Winiar H Lamakarate. Kegiatan juga dihadiri para guru SMK se-Sulteng.

Baca Juga :  Reses Muhaimin Yunus Hadi, Ini Aspirasi Masyarakat Dari 4 Desa di Poso

Narasumber dalam uji publik Ranperda adalah tim penyusun Raperda antara lain , Triyono serta Fandi Riyanto yang merupakan legal drafting dari Depkumham Sulteng.

Hadir pula beberapa pejabat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulteng antara lain Hatija Yahya yang juga Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Dikbud Sulteng, Kasi Peserta Didik SMK Uriani, Kasi Kurikulum Kelembagaan SMK Mailany L Tayeb serta  Kasi Sarpras SMK Junaidi.

Triyono menjelaskan, kehadiran Perda ini penting sebagai upaya peningkatan mutu dan layanan SMK, strategi peningkatan mutu lulusan SMK serta memaksimalkan pemanfaatan fasilitas SMK negeri.

Baca Juga :  Purna Paskibraka Sulteng ditetapkan Duta Pancasila

Hal penting lainnya adalah BLUD SMK tidak dimaksudkan untuk meraih profit yang besar. Karena akan mengalihkan fokus utama SMK sebagai lembaga pendidik.

Dalam sesi tanya jawab, uji publik yang dipandu Kabag Perundang Undangan Sekertariat DPRD Sulteng Siti Rahmawàti, mencuat beberapa masukan dan  pengayaan materi Raperda.

Contohnya dari Anggota DPRD Sulteng, Sony Tandra dan H M Nur Dg. Rahmatu yang menekankan agar materi Raperda setidaknya harus memuat materi yang nuansanya peningkatan mutu SDM luaran SMK yakni SDM yang siap pakai.

Usai kegiatan Uji publik digelar, Kasubag Rancangan Perda Luly Afiyanti mengungkapkan bahwa Raperda BLU SMK ini masuk dalam Prolegda DPRD Sulteng Tahun 2021 dan prosesnya akan terus berlanjut.(TIM/**).

Baca Juga :  Sulteng Peringkat 5 Nasional Pernikahan Dini

 

Pos terkait