Banggai dan Palu Juara Back to Back Duta GenRe Sulteng

Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Tenny C. Soriton (tengah) bersama Jedidiah Donniar Yajnavido dan Ana Falfana. (FOTO : dok Humas BKKBN Sulteng)

SULTENG, CS – Kabupaten Banggai dan Kota Palu menorehkan sebuah sejarah untuk pertama kalinya di ajang Apresiasi Duta  Generasi Berencana (GenRe) dan Jambore Ajang Kreatifitas GenRe, yang dikemas dalam Pemilihan Duta GenRe Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng),  di Hotel Santika Palu, Jumat 4 Maret 2022 malam.

Banggai dan Palu menjadi yang pertama kali juara back to back atau mempertahankan juara 1 Pemilihan Duta GenRe Tahun 2022. Menariknya, seperti tahun 2020, Banggai menempatkan juara 1 putra atas nama Jedidiah Donniar Yajnavido dan Palu menempatkan juara 1 putri atas nama Ana Falfana.

“Ini pertama kalinya terjadi sejak pemilihan duta GenRe dilaksanakan secara terbuka,” ujar Subkoordinator Bina Ketahanan Remaja (BKR) Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Sakkirang, di Palu, Senin 7 Maret 2022.

Baca Juga :  Pengaspalan Jalan Hingga Bantuan Rumah Ibadah Mencuat di Reses Sonny Tandra

Kedua juara, akan mewakili Sulteng diajang yang sama di tingkat nasional, yang rencananya dilaksanakan di Jakarta Juli mendatang. BKKBN Sulteng telah mengikuti ajang pemilihan duta GenRe nasional sejak tahun 2010.

Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Duta GenRe Tingkat Provinsi Sulteng, Andi Mallarangeng mengatakan,  terpilihnya Banggai dan Palu sebagai juara karena mereka mampu menampilkan yang terbaik dari setiap sesi penilaian.

“Kami melakukan penilaian sejak Februari melalui 7 days challenge, kemudian masa karantina tanggal 2 sampai 4 Maret 2022 hingga grand final 4 Maret 2022. Video (Jedidiah Donniar Yajnavido) dan Nana (Ana Falfana) mampu menyisihkan 34 utusan putra putri dari 13 kabupaten/kota,” katanya.

Adapun juara lainnya adalah Agung Syahreza dan Elshaqueen Zefanya Daniela (juara II putra-Putri dari Donggala dan Banggai), Ahmad Subianto Ndiba dan Nur Amalia (juara III putar-putri dari Banggai Laut dan Morowali), Budi Tridaryanto dan Try Novayanti (juara harapan 1 putra-putri dari Morowali Utara dan Donggala), serta Arkilaus K. Tumpu dan Zellina Mangadang (juara harapan II putra-putri dari Poso dan Banggai Kepulauan).

Baca Juga :  Dapat Penghargaan dari KKP RI, Ini Prestasi Dislutkan Sulteng

“Saya mengucapkan selamat datang kepada anak-anakku finalis duta GenRe dari seluruh penjuru kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah,” kata Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Rusdy Mastura dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Dahri Saleh.

Gubernur mengatakan, memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih atas perhatian Perwakilan Bkkbn Provinsi Sulawesi Tengah dan seluruh pihak terutama organisasi perangkat daerah keluarga berencana provinsi dan kabupaten/kota bersama jajaran, atas dukungan dan kerja kerasnya untuk melakukan pembinaan bagi remaja di Sulawesi Tengah.

Dia menilai bahwa pembinaan remaja memberikan kontribusi positif bagi pembangunan keluarga di Sulawesi Tengah. serta mendukung visi pemerintah provinsi yaitu gerak cepat menuju Sulawesi Tengah lebih sejahtera dan lebih maju.

Baca Juga :  Pansus I DPRD Sulteng Konsultasi Ranperda PPNS ke Satpol-PP Bali

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) BKKBN Nopain Andusti melalui saluran virtual menyampaikan apresiasi atas pengukuhan Forum GenRe dan Pemilihan Duta GenRe 2022.

“Selamat atas pencapaian kalian dan ingatlah di luar sana ada jutaan remaja yang butuh saran-saran dari kalian. Mereka menunggu uluran bantuan kalian,” pesannya.

Pemilihan Duta GenRe Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang ke-11 kalinya, dihadiri Bupati Banggai Kepulauan Rais D. Adam, Asisten II Kabupaten Donggala Sofyan Dg. Malaba, para kepala dinas OPD-KB provinsi dan kabupaten/kota, dan tim penggerak pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK), dan sejumlah pejabat lainnya.

Editor : Moh. Yamin

Pos terkait