Lolos 10 Besar Nominasi PDP, Kota Palu Siap Verifikasi dan Penilaian Lapangan

PALU,CS – Kota Palu kembali masuk dalam 10 besar dari 10 kota se Indonesia yang dinyatakan masuk dalam nominasi Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2022.

Selain Kota Palu, terdapat juga 10 kabupaten yang lolos PPD tahap selanjutnya.

Lolosnya Kota Palu pada tahap 2 pada penilaian dokumen PPD tersebut, berdasarkan surat yang diterima Pemkot Palu melalui Bappeda Kota Palu.

Surat pemberitahuan itu datang dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional dan Bappenas RI tanggal 23 Maret 2022 yang disampaikan Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Kementerian BPM/Bappenas RI, Taufik Hanafi dengan nomor surat 03580/PP.08.01/D.9/T/03/2022.

Baca Juga :  Terkait Kerusakan Traffic Light, HMI CabangTolitoli Akan Gelar Aksi Lanjutan

Sekretaris Bappeda Kota Palu H.Ibnu Mundzir mengatakan, selain menerima surat pemberitahuan itu, penyampaian juga dilakukan dalam pertemuan secara daring di ruang rapat Bappeda Kota Palu belum lama ini.

Dalam pertemuan tersebut dihadiri ibu Wakil Wali Kota Palu dr.Reny A Lamadjido, Kepala Bappeda Kota Palu Drs.Arfan, Kabag Ortal Setda Kota Palu, Kabid Dokumentasi dan Informasi Bappeda Kota Palu dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Pada pertemuan tersebut, Wakil Wali Kota Palu banyak memberikan konfribusi dan menjawab beberapa pertanyaan dari dewan juri, khususnya pada permasalahan inovasi berupa kearifan lokal yang diangkat menjadi bagian dari sistem perencanan dan evaluasi pembangunan di Kota Palu, melalui libu ntodea.

Baca Juga :  FISIP USN Kolaka dan FISIP UHO Sinergi Tri Dharma Perguruan Tinggi

“Ini sudah 6 kali Kota Palu tembus ke babak 15 besar. Kali ini memasuki tahap verifikasi dan penilaian lapangan. Dan akan disertakan dalam knowledge sharring praktek cerdas,”kata Ibnu Mundzir.

Surat tersebut ditandatangani Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan Kementerian BPM/Bappenas RI, Taufik Hanafi.

Menurutnya, Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022 sedang berlangsung yang meliputi 3 tahap penilaian. Yaitu penilaian teknis dokumen, presentasi dan wawancara, serta verifikasi. Sehubungan dengan telah selesainya Penilaian Tahap Il PPD 2022.

Selanjutnya, kabupaten/kota yang tercantum dalam daftar di atas akan mengikuti penilaian tahap Ill yakni verifikasi. Pedoman dan jadwal pelaksanaan verifikasi provinsi akan disampaikan dan dikoordinasikan lebih lanjut.

Baca Juga :  15 Personil Polsek Bahodopi Jalani Vaksinasi Tahap Pertama

Sebagai informasi tambahan untuk tahap III verifikasi dilaksanakan secara hybrid (FGD Online dan Kunjungan Lapangan).

Untuk Kota Palu dijadwalkan pada Kamis, 31 Maret hingga Jumat, 1 April 2022 dengan pembagian FGD Online pada Kamis 31 Maret 2022, sesi II (13.00 -15.05) WIB* dan dilanjutkan kunjungan lapangan pada hari berikutnya.(***)

Pos terkait