Ini Pendapat Diah Puspita Tentang Sosok Kartini

PALU,CS – Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita mengatakan, Kartini merupakan seorang pahlawan nasional yang memiliki peran besar dalam membantu pendidikan kaum perempuan di Indonesia.

Menurutnya, banyak hal yang harus diteladani dari sosok Kartini di antaranya gemar membaca, menulis, sehingga memiliki wawasan yang cukup luas.

“Dan yang patut kita teladani sebagai kaum perempuan dari kesederhanaan beliau. Bahkan beliau punya jiwa sosial yang tinggi, bermasyarakat, dan beliau banyak menulis karya-karya yang menginspirasi,” ujarnya.

Dari karya-karya yang menginspirasi itulah, lanjutnya membuat kaum perempuan menjadi lebih semangat lagi dan bersaing dengan kaum laki-laki.

Baca Juga :  Hadianto Akui Pramuka Membentuk Karakternya

“Luar biasa. Banyak hal yang dapatkan dari Raden Ajeng Kartini,” ungkapnya.

Ia menyatakan pihaknya sangat setuju bahwa perempuan harus mempunyai pendidikan sehingga tidak direndahkan, karena perempuan yang cerdas mempunyai nilai plus dalam pembangunan.

“Untuk para kaum perempuan, jika kita mempunyai pendidikan yang tinggi tentunya kita juga bisa berhati-hati dan memilah-milah calon suami kita baik bibit, bebet, maupun bobotnya,” katanya.

Demikian Diah Puspita saat menjadi narasumber dalam dialog khusus memperingati Hari Kartini yang digelar salahsatu radio di Kota Palu, Kamis 21 April 2022.

Baca Juga :  Pemprov Sulteng Kucurkan Rp2 Miliar Untuk Penanangan Banjir Tolitoli

Selain Diah Puspita, dialog itu juga melibatkan Akademisi Universitas Tadulako, Rosmala (**/TIM).

Pos terkait