Rombongan BKKBN Sulteng “Diserbu” Emak-Emak

BANGKEP, CS – Rombongan Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tengah (Sulteng) diserbu emak-emak Kelurahan Sabang, Kacamatan Bulagi Utara, Banggai Kepulauan (Bangkep), kamis 21 April 2022.

Kedatangan emak-emak tersebut untuk mengikuti bhaksos kesehatan reproduksi dan pelayanan KB gratis, yang dilaksanakan BKKBN, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) dan Puskesmas Sabang, dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2022.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Tenny C Soriton dalam sambutannya mengatakan, di hari Kartini ini kita patut bersyukur, dimana saat ini perempuan sudah bisa bersaing di berbagai bidang termasuk banyak perempuan yang menjadi pemimpin.

Baca Juga :  PORKAB Morowali Dimulai, 33 Atlet Panjat Tebing Bersaing

“Seperti hari ini kita lihat contoh terdekat Ibu Kadis P2KBP3A Banggai Kepulauan dan juga Ibu camat Bulagi Utara yang semuanya adalah perempuan-perempuan hebat, ” Ucap Tenny.

Kata Tenny, untuk bisa bersaing tentunya diperlukan pendidikan yang baik pula, serta didukung oleh kemauan dan ekonomi yang kuat. Untuk kuat ekonomi harus mampu mengukur kemampuan. Maka BKKBN hadir dengan alat kontrasepsi guna mengatur kelahiran.

“Kami tidak melarang Ibu untuk melahirkan tapi harus diatur jaraknya, selain itu tentunya memiliki anak dua atau  lebih dari itu pasti akan mempengaruhi terhadap pengeluaran dalam rumah tangga, ” jelas Tenny.

Baca Juga :  Bupati Donggala Salurkan 100 Ton Beras untuk Masyarakat Terdampak COVID

Sementara itu Kepala Dinas P2KBP3A Bangkep, dr. Silveria O. Bailia, MM turun langsung melakukan penyuluhan  tentang cegah stunting melalui pengaturan jarak kehamilan yang sehat.

“Ibu-ibu habis melahirkan langsung pakai KB Pasca Persalinan, supaya ada waktu ibu untuk memulihkan kondisi dan dapat memberikan ASI eksklusif serta pola asuh yg baik kepada anak.” Imbuhnya.

Selanjutnya dilaksanakan pelayanan KB IUD, implan, pil, suntikan dan kondom. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Bulagi Utara, Sekretaris BKKBN, Koordinator KBKR, Koordinator Adpin bersama tim, Kepala Desa Lukpanenteng, dan Tim dari P2KBP3A Kabupaten Banggai Kepulauan. **

Pos terkait