Terima Penghargaan Perempuan Berprestasi di Hari Kartini, Berikut Sosok Alfiana

Alfiana Nurlisa Molodu, saat menerima penghargaan perempuan berprestasi di Bindang Pertanian, di Hari Kartini 21 April 2022. (FOTO : IST)

Alfiana Nurlisa Molodu, perempuan penggiat pertanian pada lahan gambut asal Poso berkesempatan melakukan dialog virtual dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada puncak peringatan Hari Kartini Tahun 2022, gedung Pogombo, Kamis 21 April 2022.

Sebelum acara virtual dimulai, Alfiana telah menerima penghargaan perempuan berprestasi bidang pertanian yang diserahkan simbolis oleh Pj Sekda Ir. H. Faizal Mang, MM.

Penghargaan juga diterima perwakilan dari tiap kabupaten/kota dengan bidang keahlian masing-masing, seperti kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, pertanian dan sosial budaya. Sehingga total penerima asal Sulteng sebanyak 13 perempuan.

Baca Juga :  Habib Alwi Dibaiat sebagai Ketua Utama Alkhairaat

Penghargaan diprakarsai Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju, bekerjasama dengan 34 pemerintah provinsi.

“Saya adalah ketua kelompok wanita tani dari Poso,” ujar Alfiana saat menjawab pertanyaan ibu negara tentang profesinya.

Lebih lanjut Alfiana menceritakan bahwa profesinya telah dilakoni sejak 5 tahun silam dengan tujuan membantu kerja suami dan menambah pendapatan keluarga.

Ia juga menyampaikan hambatan terkait akses jalan tani yang belum tersedia ke lokasi, yang menyebabkan warga kesulitan membawa hasil panen yang hanya bisa diangkut ternak atau dipikul sendiri.

Baca Juga :  DPRD Sulteng Harap Pelatihan Da'i -Imam DMI Sulteng Samakan Isu dan Persepsi

“Kerinduan kami agar Ibu bisa memberi perhatian agar jalannya bisa dibangun,” kata Alfina.

Atas permintaan itu, Ibu Negara Iriana berharap gubernur melalui Pj Sekda dapat memberi perhatian.

“Semoga jadi perhatian bapak gubernur agar dilancarkan,” pungkasnya.

Nampak hadir pada kegiatan di Pogombo, Wabup Donggala Mohammad Yasin, S.Sos, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulteng Dr. Zubair, M.Si dan pejabat terkait. **

Pos terkait