Untuk Penambahan Kursi, Komisi I DPRD Sulteng Temui Ketua KPU RI

SULTENG,CS – Hingga Jumat 22 April 2022, rombongan Komisi I DPRD Sulteng masih berada di Jakarta untuk berjuang meloloskan usulan penambahan kuota kursi DPRD Sulteng menjadi 55 pada Pemilu tahun 2024 mendatang.

Kali ini Komisi I DPRD Sulteng yang diketuai Hj Sri Indraningsih Lalusu menemui pihak KPU RI untuk membahas usulan tersebut.

Rombongan diterima langsung Ketua KPU RI Hasyim Ashari serta dua komisioner lainnya,Idham Kholil dan Agus Melaz yang membidangi urusan teknis kepemiluan serta di dampingi Kepala Biro Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Melgia Carolina Van Harling serta Kabag Desain Surat Suara Dokumentasi, Dapil dan Alokasi Kursi KPU RI,Tunjung Yulianto.

Baca Juga :  Demo BBM, HMI Geledah Kantor DPRD Sulteng Dan Beri Kuliah Umum

Dalam kesempatan itu, pihak KPU secara umum menjelaskan, sesuai UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu terdapat lampiran yang menyatakan bahwa kewenangan untuk menambah kursi adalah DPR RI.

Artinya KPU tidak memiliki kewenangan dalam menangani penataan Dapil dan kursi DPR RI dan provinsi.

Dalam UU tersebut kewenangan KPU RI KPU terbatas untuk melakukan penataan Dapil dan kursi DPRD kabupaten.

Namun, Ketua Fraksi FKS DPRD Sulteng, Wiwik Jumatul Rofi’ah dalam kesempatan ini menjelaskan jika dalam UU Pemilu juga telah dinyatakan bahwa daerah dengan jumlah penduduk 3 juta lebih berhak mendapatkan alokasi kursi sebanyak 55 kursi.

Baca Juga :  Tahun ini BKKBN Sulteng Target Paparkan Masalah Stunting di 41.000 KK

Sementara Yahdi Basma bahkan meminta agar jajaran KPU dan sekretariat KPU RI dapat menguatkan keinginan DPRD Sulteng tersebut.

Ketua KPU Hasyim dalam tanggapannya kemudian memberikan solusi agar DPRD Sulteng menyurat secara tertulis mengenai kajian -kajian hukum dalam usulan penambahan kursi DPRD Sulteng tersebut.

Setelah melalui diskusi panjang, rapat bersama KPU RI ini berakhir dengan penyerahan data agregat penduduk Sulteng.

Dalam rombongan Komisi I DPRD Sulteng juga ikut Ellen Ester Pelealu, serta Karo Pemerintahan Pemprov Sukteng Dahri dan Sekretaris Dukcapil Sulteng, Rizal Damsul (**).

Pos terkait