Waket III DPRD Sulteng Ikuti Peringatan Hari OTDA tahun 2022

SULTENG,CS – Wakil Ketua III DPRD Sulteng H Muharram Nurdin mewakili pimpinan DPRD Sulteng bersama jajaran Forkopimda Sulteng mengikuti puncak peringatan ke 26 Hari Otonomi Daerah (OTDA) Tahun 2022 secara virtual dari Kota Palu.

Puncak peringatan hari OTDA dipusatkan di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin 25 April 2022.

Peringatan ini diikuti gubernur dan bupati/ walikota se Indonesia termasuk Wakil Gubernur Sulteng H Ma’mun Amir.

Otda tahun ini terbilang singkat hanya diawali sambutan Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik sebagai ketua penyelenggara.

Tahun ini peringatan HUT OTDA mengusung tema ”Dengan Semangat Otda Kita Wujudkan ASN Yang Proaktif dan Berakhlak Mulia Dengan Membangun Sinergi Pusat Dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro dal sambutan tertulis Mendagri mengatakan, peringatan hari Otda sebagai refleksi atas tujuan dilakukannya OTDA sejak 26 tahun yang silam

OTDA adalah penyerahan sebagian kewenangan pusat kepada daerah hampir seluruh aspek kecuali bidang fiskal, keamanan, agama, politik luar negeri serta pertahanan.
Mendagri juga mengapresiasi daerah oronomi baru yang telah berhasil mengatasj keuangan daerahnya.

Mendagri pun menyinggung soal penyebaran covid 19 dan penanganannya. Soal dampak perang Ukraina yang juga berpengaruh di Indonesia.Stabilias harga pangan di daerah dan juga fungsi Satgas masing masing daerah agar diefektifkan terkait pengawasan stabilitas harga pangan di pasaran.

Puncak peringatan ini juga ditandai dengan peluncuran Sistem Informasj Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah ( SILPP) dan Konsultasi Virtual Otda ( KOVI) yang merupakan aplikasi layanan secara virtual kepada masyarakat(***)

 

Pos terkait