Pembahasan Ranperda Narkotika Tak Dihadiri OPD, DPRD : Pemkot Palu Tak Serius

Suasana Rapat Paripurna DPRD Kota Palu, Jum’at (27/05) (FOTO : channelsulawei.id)

PALU, CS – Keseriusan Pemerintah Kota Palu dalam penanganan masalah Narkotika diragukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu.

Pasalnya, saat Rapat Paripurna yang digelar Pukul 10.30 Wita, di Ruang Sidang Utama DPRD, Jum’at (27/05) terpkasa diskorsing, karena tidak dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat. Rapat Paripurna tersebut bergendakan pembacaan laporan pimpinan Pansus II tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) mengenai pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, prekurso narkotika dan zat adiktif lainya.

Sehingga, sejumlah anggota DPRD menilai, bahwa Pemkot Palu tidak serius dalam menangani narkotika.

Baca Juga :  Program September Sensation, Kalla Toyota Sulteng Tawarkan Promo Cash Lunak Bunga 0 Persen

“Pimpinan sebaiknya Paripurna ini diskorsing. Kalau kita melihat pemeritah kota tidak serius dalam menangani narkotika, ini Ranperda inisiatif mereka. Tetapi tidak ada satupun perwakilan OPD terkait yang hadir,” ucap Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Palu, Ahmad Humair.

Hal senada juga diungkapkan, Ketua Fraksi PKS, Rusman Ramli. Dirinya mengaku setuju jika paripurna diskorsing. Sebab, pemberantasan narkotika merupakan kewenangan dari seluruh lapisan masyrakat. Namun, hal itu diyakini tidak akan berjalan maksimal jika pemerintah sebagai inisiator dalam penanganan tersebut tidak serius.

“Ini Ranperda inisiatif pemkot, tetapi justru mereka yang tidak hadir dalam paripurna ini. Lantas bagaimana Ranperda ini mau berjalan maksimal nantinya, jika dalam hal seperti ini tidak ada OPD terkait yang hadir.” Kata Rusman.

Baca Juga :  Ziarahi Kuburan Korban Bencana, Hadianto Sebut Mereka Wafat Dalam Keadaan Syahid

Ketua Fraksi Gerindra, Moh. Syarif juga menyebut tidak adanya urgensi dari Ranperda usulan Pemkot itu. Bahkan Pemkot dianggap abaikan atas usulan mereka sendiri.

“Saya sepakat atas apa yang disampaikan oleh dua rekan saya tadi pimpinan. Jangan sampai Ranperda ini nantinya hanya menjadi tulisan indah yang tidak ada realisasinya. Karena hal-hal seperti ini saja diabaikan, padahal mereka yang mengusulkan,” keluh Syarif.

Berdasarkan usulan anggota tersebut, Wakil Ketua II DPRD, Moh. Rizal Dg Sewang yang memimpin Rapat Paripurna memuturkan untuk menskorsing hingga OPD menghadiri agenda tersebut.

Baca Juga :  Wali Kota Palu dan Ketua PKK Hadiri Gala Dinner Apeksi ke-24 di Balikpapan

Satu-satunya yang hadir mewakili Pemerintah Kota Palu di Rapat Paripurna itu adalah Plt Asissten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda, Muhammad Akhir Armansyah. **

Pos terkait