Kemenkes Akan Tingkatkan Peran Kader Posyandu

PALU,CS – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu Ilham mengemukakan refreshing di kalangan kader Posyandu merupakan ajang untuk menyegarkan kembali informasi dan perkembangan-perkembangan terbaru yang harus ditingkatkan dan diketahui.

Demikian Ilham mewakili Wali Kota Palu, membuka pertemuan refreshing Kader Posyandu Balita tingkat Kota Palu pada Sabtu, 4 Juni 2022 di Aula Kantor Kelurahan Silae.

Menurutnya, peran kader Posyandu sangat penting dalam meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya Balita yang ada di wilayah kelurahan masing-masing.

Kedepannya, kata Ilham, melalui Kementerian Kesehatan RI, peran kader Posyandu akan ditingkatkan, sehingga tugasnya bukan hanya berkaitan dengan Balita atau ibu hamil tapi semua siklus hidup termasuk remaja sampai dengan Lansia.

Baca Juga :  Wali Kota Sebut Halal bi Halal Momentum Menguatkan Persaudaraan

“Karena Posyandu adalah bagian dari layanan primer kesehatan. Upaya dari layanan primer kesehatan itu ada promotif, ada preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Di upaya promotif dan preventif ini harus kita tingkatkan. Karena lebih baik mencegah dari pada mengobati,” katanya.

Ia berharap dengan peningkatan kinerja dari kader Posyandu tersebut Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di wilayah Kota Palu bisa tercapai lebih baik.

“Jadi peran kader sangat penting. Sehingga perlu adanya transformasi mengikuti perkembangan-perkembangan yang ada. Mari kita saling meningkatkan kerjasama dan kolaborasi”demikian Ilham (Humas).

Pos terkait