Kurangi Disparitas Wilayah, Sekretariat DPRD Sulteng Gelar Workshop Kerjasama Daerah

SULTENG,CS – Sekretariat DPRD Sulteng menggelar workshop Kerjasama dengan tema ‘Peran DPRD pada kerjasama daerah di Pemerintahan Daerah Provinsi Sulteng, Senin 6 Juni 2022 di Hotel Santika Palu.

Kegiatan ini dihadiri Asisten-II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Pemda Provinsi Sulteng Rudi Dewanto mewakili Gubernur.

Sekretaris DPRD Sulteng Sitti Rachmi Amir Singi, Kepala Bagian Perundang-undangan Sitti Rahmawati, Kepala Sub Bagian Kajian dan Dokumentasi Hukum, Hartati Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Nelly Muhriani, Tenaga Ahli Bapemperda, narasumber, instansi/OPD terkait dilingkup Pemprov Sulteng.

Rudi Dewanto menyebut kegiatan workshop merupakan momentum untuk melakukan shering dalam rangka penguatan kerjasama antar pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota se-Sulteng.

Baca Juga :  Diah Puspita: Perda P3HA Palu Jamin Pemenuhan Hak Anak

Kegiatan ini juga merupakan sebagai media untuk meningkatkan kualitas pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik yang sejalan visi-misi Pemprov Sulteng yaitu ‘gerak cepat menuju Sulteng yang lebih sejahtera dan lebih maju. Serta melakukan sinergitas kerjasama pembangunan antar sekawasan dalam Provinsi Sulteng dan diluar Provinsi Sulteng.

Gubernur kata Rudi mengapresiasi workshop kerjasama ini sekaligus berharap workshop dapat melahirkan gagasan-gagasan cemerlang dan dapat diterapkan semaksimal mungkin agar bisa mendorong proses percepatan pembangunan daerah menuju Sulteng yang lebih sejahtera dan lebih maju.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Sulteng Sitti Rachmi Amir Singi menjelaskan melalui workshop diharapkan kedepan adanya peningkatan kapasitas daerah dalam penggunaan sumberdaya secara lebih optimal serta pengembangan ekonomi lokal dalam rangka menekan angka kemiskinan dan mengurangi disparaditas wilayah.

Baca Juga :  Disperindag Sulteng dan Korem 132/Tadulako Gelar Pasar Murah

Workshop tersebut kata Sekwan juga bertujuan melakukan sharing dalam upaya peningkatan nilai-nilai ekonomi. Untuk itu lanjut Sekwan dibutuhkan sinergitas, keterpaduan, dan keselarasan.

Berkaitan itu, DPRD Sulteng sangatlah berperan serta dalam memberikan rekomendasi dari segi penganggaran yang dituangkan kedalam nota kesepahaman (MOU) atau perjanjian kerjasama antar daerah melalui Gubernur Provinsi Sulteng.

Sebab DPRD memilik tiga fungsi yakni pengawasan, penganggaran, dan pembentukan Perda.(***)

Pos terkait