Berkat Lobi Komisi II DPRD Sulteng, Gubernur BTT-kan Bangunan Pelimpah Bendungan Puna Kiri Poso Pesisir

SULTENG,CS – Ketua Komisi-II DPRD Sulteng, Yus Mangun menghadiri sosialisasi pekerjaan konstruksi bangunan pelimpah bendungan puna kiri di Kantor Camat Poso Pesisir Kecamatan Poso Pesisir Kelurahan Mapane Kabupaten Poso, Senin 20 Juni 2022.

Sosialisasi dihadiri Kepala Dinas Cikasda Sulteng Abdul Razak, Anggota DPRD Poso Ma’mur L, Camat Poso Pesisir, Camat Poso Pesisir Selatan, Kepala Dinas PU Poso, Kepala Dinas Pertanian Poso, Para Kepala Desa se-Kecematan Poso Pesisir dan Poso Pesisir Selatan, dan Kelompok Tani Kecamatan Poso Pesisir Kelurahan Mapane Kabupaten Poso.

Mewakili Pimpinan DPRD Sulteng, Yus Mangun dalam kesempatan ini mengemukakan permasalahan air ini sudah menjadi keluhan masyarakat petani karena tidak bisa menyuplai air ke area pertanian dan persawahan.

Baca Juga :  Muslih Tampung 32 Aspirasi dari 4 Desa di Parimo

Masalah demikian ungkap Yus Mangun, terjadi di 8 desa, 3 kelurahan dan 2 kecamatan dengan luas areal kurang lebih 2.150 hektar. Saat ini seluruhnya tidak terairi.

Komisi II DPRD Sulteng ungkap Yus Mangun telah mengonsultasikan permasalahan tersebut kepada Gubernur Sulteng dan dinas terkait.

“Alhamdulillah Gubernur Sulteng setuju memberikan bantuan anggaran melalui dana Belanja Tidak Terduga (BTT),”ungkap Yus Mangun

Saat ini pekerjaan tersebut tinggal menunggu proses tender, awal bulan Juli 2022 sehingga pekerjaan ini sudah bisa dilaksanakan dan akan berakhir sekitar pada bulan Desember 2022.

“Jadi secara otomatis bendungan puna kiri ini sudah bisa berfungsi kembali,”tuturnya.

Ia berharap, dengan berfungsinya kembali bendungan ini, masyarakat dapat menggunakannya sebaik mungkin dan tentunya dengan harapan produksi dari hasil pertanian bisa meningkat agar kedepannya kehidupan para petani bisa lebih meningkat dan sejahtera.

Baca Juga :  Asdep Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik di Lingkup Pemprov Sulteng

Sementara itu, Kepala Dinas Cikasda Sulteng Ir Abdul Razak menerangkan saat ini anggaran sudah tersedia dan tinggal menunggu proses tender pada awal bulan Juli. Sehingga pada akhir bulan Juli nanti sudah bisa dilakukan teken kontrak untuk memulai berkerja.

Adapun deadline waktu kurang lebih lima bulan kedepan dengan harapan pekerjaan ini bisa terselesaikan. Karena berdasarkan informasi dan keluhan-keluhan dari masyarakat terkait persoalan ini bahwa hanya ada sekitar 70persen air yang bisa masuk pada arean pertanian itupun tidak maksimal.

“Jadi semoga dengan selesainnya pekerjaan bendungan puna kiri ini, masyarakat dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk keperluan pertanian terutama pada areal persawahan untuk keperluan padi sawah,”jelasnya.

Baca Juga :  Henri Kusuma Muhidin Ikut Melepas Peserta Fun Off-Road Adhyaksa Berbagi 2024

Razak dalam kesempatan itu berterimakasih kepada Ketua Komisi-II DPRD Sulteng Yus Mangun, berkat dorongan dan bantuannya sehingga Gubernur Provinsi Sulteng dapat menyetujuinya dan memberikan bantuan anggaran melalui Dana BTT.

Camat Poso Pesisir Indra W. Ngasang, ikut berterimakasih kepada Gubernur Sulteng, DPRD Provinsi Sulteng Khususnya Komisi-II. Sehingga keluhan-keluhan masyarakat terkait persoalan pengairan untuk area pertanian atau persawahan ini sudah bisa terjawab dan akan segera dilaksanakan pekerjaan konstruksi bangunan pelimpah bendungan puna kiri di wilayah Poso Pesisir Kecamatan Poso Pesisir Kelurahan Mapane Kabupaten Poso. (***)

Pos terkait