Komisi I dan III DPRD Donggala Kunker di Kabupaten Gorontalo

Suasana Kunker Anggota DPRD Donggala di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Gorontalo. (FOTO : Istimewa)

DONGGALA, CS – Anggota Komisi I dan III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Donggala melaksanakan Kunjungan kerja (Kunker) ke DPRD Kabupaten Gorontalo, Senin (22/08).

Rombongan kunjungan kerja DPRD Donggala dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Donggala, Azis Rauf.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua II DPRD Donggala, Azis Rauf menjelaskan bahwa tujuan Kunker ini untuk membahas tentang tata kelola pemerintahan desa dan Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Baca Juga :  DPRD Donggala Gelar Paripurna Jawaban Lima Buah Ranperda yang Diajukan Pemkab

“Maksud dan tujuan kami ini untuk berbagi informasi terkait tata kelola pemerintah desa dan pengangkatan P3K,”tuturnya.

Dari hasil Kunker ini banyak pengetahuan yang diperoleh dan dapat menjadi masukan yang dapat diterapkan di Kabupaten Donggala. Salah satunya, kata dia, tata cara pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Gorontalo.

“Di Kabupaten Gorontalo, penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa dilakukan oleh Komisi Kepala Desa, DPRD juga mendorong anggaran ke Komisi Pemilihan Kepala Desa, sehingga jika ada sengketa pendaaan Komisi tetap tersedia,”tuturnya.

Ketua Komisi I DPRD Gorontalo, Sarifudin Bano menjelaskan terakit rekruitmen P3K pemerintah daerah juga kebingungan untuk pendanaan gaji P3K.

Baca Juga :  Zuraidah Diharap Dapat Menjadi Stabilisator Ditengah Masyarakat

“Mulanya kami berfikir bahwa gaji P3K dibayarkan oleh pusat, tapi ternyata dibebankan kepada daerah,”tuturnya.

Untuk itu, kata dia, sebagai jalan satu-satunya untuk memenuhi pembiayaan gaji P3K yaitu harus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Tahun 2023, kami akan fokus untuk meningkatkan PAD melalui sektor pariwisata. Sehingga kebutuhan pembiayaan P3K dapat terpenuhi, serta kuota P3K dapat ditingkatkan lagi,”jelasnya. (ADK)

Pos terkait