PKK Donggala Latih Kader Tingkat Kecamatan dan Desa untuk Susuan Program

Sekretaris Umum TP-PKK Kabupaten Donggala, Lutfiah Mangun saat memberikan arahan pada peserta. (FOTO : Istimewa)

DONGGALA, CS – Untuk mewujudkan keluarga berdaya dan sejahtera, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Donggala melaksanakan pemantapan pelatihan 10 program pokok PKK kepada pengurus TP PKK mulai dari tingkat desa sampai kecamatan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan, di Aula TP-PKK Kabupaten Donggala, Rabu 14 September 2022.

Adapun narasumber kegiatan yaitu Ketua Pokja Dua, Yuliani Rustam Efendi, S. Pd, M. Pd, membahas tentang Konsep Dasar PAUD, Dwiyanti Hamza, S.S, M. Si, materi manajemen Unit Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan Lutfiah Mangun, membahas tentang kelambagaan PKK.

Baca Juga :  Ini Tiga Kecamatan di Parimo yang Rawan Narkoba

Ketua Panita, Hj. Salmiati Rajindra, SE, MM, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dalam penyusunan program tim Penggerak PKK.

“Meningkatnya partisipasi kader PKK dalam pendampingan penurunan kegiatan covid-19 dan penurunan angka stanting di Desa atau Kelurahan,”tuturnya.

Selain itu, kata dia, juga untuk menyosialisasikan nilai keterampilan kader dalam mengembangkan SDM, khususnya  kepada anak dan generasi muda.

“Usai kegiatan ini dilaksanakan diharapkan dapat meningkatnya pelaksanaan dalam penyusunan program tim penggerak PKK. Internalisasi nilai dan keterampilan kader dalam peningkatan SDM terutama pada anak dan remaja, serta Kader PKK mampu berpartisipasi secara aktif dalam pendampingan sebagai upaya pemutusan penyebab covid-19 penurunan stantin,”tuturnya.

Baca Juga :  Tekan Kasus Stunting, BKKBN Sulteng Audensi dengan Pemkab Touna

Dalam pemaparanya, Yuliani menjelaskan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enak tahun yang dakukan melakukan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

“Fungsi PAUD yaitu untuk mengembangkan potensi, penanan nilai-nilai keagamaan, pembentukan dan pembiasaan perilaku yang diharapkan, pengembangan pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan dan pengembangan motivasi dan sikap belajar yang positif,”tuturnya.

Untuk itu, kata dia, PAUD itu sangat penting karena lingkungan memberi peran sangat besar dalam pembentukan sikap, kpribadian dan pengengbangan kemampuan anak. (ADK)

Pos terkait