Isu Penghapusan Honorer Mencuat Dalam Rakernis Apeksi di Makassar

PALU,CS – Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mengikuti Pembukaan Rapat Kerja Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Senin 7 November 2022 di Kota Makassar.

Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, Kepala Bappeda Arfan dan Kepala BPKAD Palu, Romy Sandi Agung juga ikut kegiatan itu.

Rakernis yang diikuti wali kota dari seluruh daerah di Indonesia ini dibuka Ketua Umum APEKSI, Bima Arya yang juga selaku Wali Kota Bogor.

Bima Arya menyebut Rakernis ini merupakan kegiatan pemanasan karena Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI tahun depan juga akan dilaksanakan di Kota Makassar.

Baca Juga :  Politisi NasDem Soroti Program Galigasa Pemkot Palu

Ia juga menyampaikan beberapa hal penting yang akan dibahas, seperti penghapusan honorer serta ancaman resesi.

“Rencana penghapusan honorer tidak mudah bagi kita. Menghentikan honorer di bidang pendidikan, kesehatan dan keamanan. Banyak staf kelurahan (honor) yang betul-betul membantu, pendidik dan tenaga kesehatan. Ini sangat membutuhkan formula yang tepat,” katanya.

“Di satu sisi kita paham pelaksanaan undang-undang. Kalau sesuai jadwal, November tahun depan, maka pelayanan publik akan lumpuh. Bukannya kita berbeda dengan pemerintah tetapi kita berharap semua berjalan mulus. Kita harus pastikan pembangun lanjut sesuai target,” jelasnya.

Baca Juga :  Vaksinasi Belum Capai Target, Pemkot Akan Gelar Festival

Wali Kota Bogor itu juga mengapresiasi kedatangan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dalam pembukaan kegiatan itu.

“Gubernur mencontohkan bagaimana pemerintah harus berkolaborasi,” katanya.**

 

Pos terkait