DPRD Sulteng Sambut Kedatangan Purna Tugas Pamtas RI-PNG Yonif 711 Raksatama

SULTENG,CS – Sekretaris Komisi-IV DPR Sulteng I Nyoman Slamet berkesempatan hadir dalam upacara penerimaan purna tugas Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Raksatama pada Sektor Wilayah Utara Papua, Kamis 10 November 2022 Pelabuhan Pantoloan Palu.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochammad Luthfie Beta yang pada kesempatan ini bertindak selaku inspektur upacara.

Kapolda Sulteng Irjen Pol.Rudy Sufriadi, Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Toto Nurwanto, Kabinda Sulteng Brigjen TNI Arman Dahlan, Danpomdam XIII/Palu Kolonel Cpm Dwi Bangun Wahyu Jatmiko, Dandim 1306/Palu Kolonel Inf.Ari Suseno, Danlanal Palu Kolonel Laut (P) M.Catur Soelistiyono, Kapolresta Palu Kombes Pol.Barliansyah, Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIII/Merdeka, Kajati Sulteng juga hadir dalam kesempatan ini.

Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochammad Luthfie Beta dalam sambutan Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny D.Tuejeh, menyampaikan bahwa pelaksanaan tugas operasi dalam rangka pengamanan daerah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini, tentunya telah memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi para anggota Satgas

Satgas telah berhasil mengemban tugas negara dengan baik. Pencapaian ini berkat kedisiplinan, dedikasi, dan semangat juang yang tinggi.

“Atas nama Pimpinan TNI dan segenap keluarga besar Kodam XIII/Merdeka mengucapkan selamat atas keberhasilan pelaksanaan tugas yang mulia tersebut,”katanya.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny D.Tuejeh, menurutnya berpesan kepada seluruh anggota satgas Yonif 711/Raksatama bahwa kebanggaan dan keberhasilan yang telah dicapai hendaknya dapat dijadikan sebagai motivasi dan kepercayaan diri dalam melaksanakan tugas dimasa mendatang.

Selain dari itu, Pangdam XIII/Merdeka juga memerintahkan kepada segenap unsur Pimpinan Yonif 711/Raksatama agar segera melaksanakan konsolidasi pemeriksaan kembali kondisi kesehatan mental, dan jasmani seluruh anggota dan yakinkan bahwa semua dalam keadaan sehat, serta melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap semua alat kelengkapan satuan maupun perorangan dengan setelitinya dan secermat mungkin.

Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochammad Luthfie Beta juga menyampaikan bahwa jumlah personil yang tergabung dalam satgas pengamanan perbatasan RI-PNG berjumlah 450 personil dari keastuan Yonif 711/Raksatama yang telah melaksanakan tugas kurang lebih satu tahun.

Namun dari jumlah 450 personil tersebut telah gugur satu personil dan sudah dipulangkan ke daerah asalnya yakni Provinsi Gorontalo. Sehingga dari itu Kasdam XIII/Merdeka menghaturkan belasungkawa yang mendalam kepada salah satu prijurit Yonif 711/Raksatama yang telah gugur dalam pelaksanaan tugas ini dikerenakan telah terjangkit penyakit DBD sehingga telah gugur dalam pelaksanaan tugas mulia tersebut, serta mengajak kepada para anggota satgas dan para tamu undangan untuk mendoakan almarhum prajurit Yonif 711/Raksatama yang telah gugur diterima disisi Allah SWT.

Mewakili Ketua DPRD Sulteng, I Nyoman Slamet mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran TNI-Polri dan khsusnya kepada seluruh prajurit Yonif 711/Raksatama yang telah tegabung kedalam anggota satgas RI-PNG di sektor wilayah utara papua yang telah berhasil menjalankan tugas yang mulia ini dengan baik.

Nyoman berpesan kepada seluruh anggota satgas agar kiranya pengalaman yang telah didapatkan selama menjalankan tugas yang kurang lebih hampir satu tahun, agar kiranya dijadikan sebagai pelajaran untuk lebih baik lagi dalam mengabdikan diri terhadap bangsa dan negara. Khususnya dalam pengamanan di daerah wilayah Sulteng di masa-masa mendatang untuk indonesia yang lebih aman, dan lebih sejahterah(ADV).

 

Pos terkait