Kayumalue Ngapa Menangi Lomba kelurahan Mantap 1 Miliar Tahun 2022

Sekkot Palu Irmayanti Petalolo dalam acara penyerahan hadiah lomba kelurahan mantap 1 miliar, Selasa 15 November 2022 (Foto:IST)

PALU,CS – Setelah melalui serangkain penilaian, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu menetapkan Kelurahan kayumalue Ngapa Kecamatan Palu Utara sebagai pemenang lomba kelurahan mantap Rp1 Miliar tahun 2022.  Terhadap itu, Wali Kota Palu Hadianto Rasyid memberikan “reward” berupa anggaran sebesar Rp1 Miliar.

Reward itu diserahkan Sekretaris Kota (Sekkot) Palu Irmayanti Petalolo yang berkesempatan hadir mewakili wali kota di Kelurahan Kayumalue Ngapa, Selasa 15 November 2022.  Secara simbolis reward diserahkan kepada Lurah Kayu Malue Ngapa, Madawarni.

Sekkot mengatakan, perlombaan dengan ending penyerahan reward ini merupakan bukti bahwa Pemkot Palu konsiten terhadap  53 program yang menjadi visi misinya. Kegiatan tersebut memrupakan keinginan wali kota untuk mengajak masyarakat agar bisa peduli dan berpartsispasi terhadap kebersihan, keindahan, ketertiban, keamanan dan kenyamanan (K5) di wilayhanya masing-masing.

Baca Juga :  Pemkot dan TP-PKK Palu Studi Banding ke Batam

“Perlombaan ini bukan untuk mencari menang atau kalah. Pemberian hadiah hanyalah sebagai motivasi karena paling utama adalah bagaimana kita bisa mengubah paradigma agar masyarakat berpartisipasi terhadap kebersihan itu,”katanya.

Sekkot menjelaskan bahwa predikat pertama yang diberikan kepada Kelurahan Kayumalue Ngapa didasarakan karena semua masyarakat ikut terlibat aktif berpartispasi dalam upaya menciptakan kebersihan lingkungannya. Karena esensi perlombaan tersebut sesungguhnya Pemkot Palu ingin mengajak semua masyarakat untuk menjaga dan merawat kebersihan lingkungan.

“Karena itu yang dibutuhkan soal kebersihan ini adalahuntuk mengajak semua masyarakat. Kami sudah berkeliling dan melihat halaman rumah bersih,drainase bersih, ditanami dan semua ada tempat sampahnya. Ini membuktikan masyarakat peduli dan berpartisipasi,”uajrnya.

Baca Juga :  Cudi Harap Pembangunan Gedung GKST Jangan Ada Yang Ditutup-Tutupi

Meski begitu, Sekkot berpesan bahwa hal ini baru sebagai langkah awal. Untuk itu ia meminta masyarakat agar tetap menjaga dan mempertahankan bahkan meningkatkan prediket kelurahan terbersih yang telah diraih.

“Saya melihat masih ada beberapa lahan kosong yang bisa dimafaatkan sebagai pusat kuliner atau spot untuk swafoto yang bisa dikembangkan masyarakat. Tujuannya agar orang-orang dari daerah lain bisa berkunjung ke Kelurahan Kayumalue Ngapa ini,”sarannya.

Dalam kesempatan itu Sekkot juga menerangkan bahwa hadiah yang sebenarnya akan diberikan kepada pemenang lomba adalah sebesar Rp1 Miliar. Namun sebagai tahap awal hadiah itu hanya diserahkan sebesar Rp730 juta.

Baca Juga :  Ini 5 Bakal Calon Wali Kota Palu yang Sudah Daftar di PKB, Salah Satunya M.J. Wartabone

“Karena masih ada indicator lain yang belum dipenuhi sehingga uang itu tidak diberikan secara penuh. Andaikata semua indicator bisa dipenuhi maka uang itu akan diberikan sepenuhnya juga,”ungkapnya.

Sekkot berharap 46 masyarakat di 46 kelurahan se Kota Palu bisa ikut partisipasi dan peduli terhadap kebersihan lingkungannya masing-masing. Karena mengubah paradigma masyarakat yang paling sulit diwujudkan.

“Karena itu kami meminta kekompakan masyarakat Kayumalue Ngapa ini dijaga agar menjadi contoh bagi kelurahan lain. Semangatanya jangan sampai kendor. Lurah lain juga saya harap tetap semangat dan kita bertemu lagi tahun depan,”pungkasnya (TIM)

Pos terkait