Husaema : Satu Data Kota Palu Jadi Wadah Data Priorotas

Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palu, dr Husaema membuka Workshop peningkatan SDM data statistik sektoral Kota Palu Rabu 16 November 2022 di Café Darisa Kota Palu.(Foto:Humas)

PALU,CS – Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palu, dr Husaema  mengemukakan bahwa Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menyajikan data yang akurat.

Demikian dr Husaema mewakili wali kota, membuka Workshop peningkatan SDM data statistik sektoral Kota Palu Rabu 16 November 2022 di Café Darisa Kota Palu.

“Data akurat yang dijamin validitasnya. Mutakhir dan harus data terupdate, serta dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, kemudian mudah dibagi pakaikan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah,” katanya.

Menurutnya data sangat penting bagi seluruh instansi dimanapun berada, apalagi melalui satu data.

Baca Juga :  Ombudsman RI Cek SPBU di Palu, Pertamina Patra Niaga Pastikan Layanan Terbaik Bagi Konsumen

Ia mengatakan Forum Satu Data Kota Palu menjadi wadah untuk menyepakati data yang akan dikumpul dan menjadi data prioritas daerah dengan merujuk pada data prioritas nasional.

“Selain itu menjadi wadah menyepakati dan memantau penyampaian rencana aksi data Indonesia tingkat Kota Palu,” katanya.

Kebutuhan masyarakat akan data dan informasi yang disampaikan Pemerintah saat ini semakin meningkat. Hal itu menjadi tantangan yang harus dijawab dengan kualitas data yang dikeluarkan Pemerintah.

“Dari perangkat daerah yang menjadi produsen data akan dapat membangun pemahaman yang sama melalui Forum Satu Data Kota Palu dalam menyediakan data statistik sektoral dengan menyajikan data dan informasi yang berkualitas,” lanjutnya.

Baca Juga :  Ditinggal Farid dan Ano, Pemkot Palu Lelang Jabatan Kadis Pariwisata dan Pemadam Kebakaran

Tidak lupa, Wali Kota melalui Asisten Husaema menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas diselenggarakannya Workshop Peningkatan SDM Data Statistik Sektoral Kota Palu.

“InsyaAllah apa yang kita lakukan akan menjadi amal bagi kita semua. Aamiin,” pungkasnya (ADV)

Pos terkait