Sekkot Palu Ikuti Rakor Bersama Menko Marvest RI

Sekkot) Palu, Irmayanti Pettalolo mengikuti rapat koordinasi Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI)/Produk Dalam Negeri (PDN) dan Bangga Berwisata #diIndonesiaAja (BBWI) untuk tahun 2023-2004, Jumat 2 Desember 2022 secara virtual bersama Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi RI. (Foto:Humas)

PALU,CS – Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti Pettalolo mengikuti rapat koordinasi Gerakan Nasional (Gernas)  Bangga Buatan Indonesia (BBI)/Produk Dalam Negeri (PDN) dan Bangga Berwisata #diIndonesiaAja (BBWI) untuk tahun 2023-2004, Jumat 2 Desember 2022 secara virtual bersama Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI.

Program Gernas BBI dilaksanakan untuk peningkatan jumlah UMKM onboarding dengan target 30 juta UMKM pada tahun 2024 dan transaksi senilai Rp50 miliar per daerah.

Kemudian afirmasi belanja PDN dengan target 95persen belanja Pemerintah untuk PDN atau senilai kisaran Rp1002 triliun.

Baca Juga :  Hore!, Sabet 45 Medali, Kota Palu Juara Umum POPDA 2022

Selanjutnya Bangga Berwisata di Indonesia Aja (BBWI) ditargetkan memenuhi 1,2 – 1,5 miliar perjalanan.

Menteri Koordinator Bidang Kemarituman dan Investasi (Marvest) RI, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan peluncuran Gernas BBI ini  karena rendahnya kinerja UMKM/IKM/Artisan dan kunjungan wisatawan mancanegara akibat Pandemi Covid-19.

Sebagaimana diketahui Gernas BBI diluncurkan langsung Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 14 Mei 2020 yang lalu.

Menurut Luhut, pada tahun 2022, Gernas BBI mendorong optimalisasi belanja pemerintah untuk PDN. Sehingga pada 2023-2024, Gernas BBI memperdalam dan memperluas cakupan dengan penambahan aktivasi BBWI.

Baca Juga :  1 Pasien HIV/AIDS di RS Undata Palu Meninggal Dunia

“Jadi tujuan utama dari Rakor ini adalah mendukung peranan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam program Gernas BBI/PDN dan BBWI dengan seluruh pemangku kepentingan,” kata Luhut(**).

Pos terkait