Anggota DPRD Donggala Kunker di DLH Gorut

DONGGALA, CS – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Donggala, Alex melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Kunjungan kerja tersebut diterima oleh Sekretaris DLH Gorut, Mohammad Tamrin Sirajuddin S.Pd, M. Si, Pejabat Fungsional Pengawas Lingkungan Hidup DLH Gorut, Sri Delviana Paramata dan pejabat Fungsional Pengendali Dampak Lingkungan, Tahir Yunus.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Badan Anggaran DPRD Donggala Laporkan Hasil Pembahasan RAPBD 2023

Alex menjelaskan bahwa maksud dan tujuan kunjungan ini yaitu untuk koordinasi mengenai penanganan dan pengolahan sampah di Kabupaten Gorontalo Utara.

“Kami ini mengetahui seperti pola da mekanisme pengelolaan sampah di Kabupaten Gorontalo Utara, mungkin juga dapat diterapkan di Donggala,”tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris DLH Gorut, Mohammad Tamrin Sirajuddin menuturkan bahwa pihaknya terus berupaya melakukan peningkatan terhadap pelayanan pengangkutan sampah.

Menurutnya, hal itu dilakukan agar masyarakat mau membayar retribusi sampah yang dapat menjadi salah satu Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“bagaimana mereka mau bayar retribusi, kalau pengangkutan sampah tidak maksimal,”ucapnya.

Baca Juga :  PAW Dua Kader PKB di DPRD Donggala akan Dilantik Pekan Depan

Salah satu upaya meningkatkan pelayanan pengangkutan sampah dengan memperbanyak gerobak pengangkut sampah.

“Jadi kami juga mendorong CSR, untuk bantuan gerobak sampah. Salah satunya dari Bank Sulut, untuk memenuhi sarana pengangkut sampah,” jelasnya.

Sejauh ini, kata dia, penagihan retribusi sampah masih manual, tetapi kedepan akan menggunakan berbasis digital.

“Masing-masing  OPD juga diwajibkan untuk membayar iuran sampah sebesar Rp 50 Ribu perbulan,”terangnya. (ADK)

Pos terkait