Bawaslu kabupaten/kota di Sulteng diharap Jaga Soliditas

Rakernis Bawaslu Sulteng bersama Bawaslu kabupaten/kota, Rabu 14 Desember 2022 di Hotel Best Western Coco Palu (Foto:IST)

SULTENG,CS –  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulteng kembali menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) penanganan pelanggaran Pemilu tahun 2024, Rabu 14 Desember 2022  di Hotel Best Western Plus Coco Kota Palu.

Kali ini Bawaslu Sulteng mengundang ketua Bawaslu kabupaten/Kota dan anggota bidang divisi hukum penanganan pelanggaran dan sengketa, serta staf pelaksana teknis dari Bawaslu abupaten/kota se-Sulteng sebagai pesertanya.

Ketua Bawaslu Sulteng Jamrin dalam kesempatan ini menekankan pentingnya peran Bawaslu dalam pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 mendatang.

“Sebagai pengawas Pemilu kita harus bekerja secara profesional dan transparan sehingga masyarakat percaya dengan kita,” tegasnya.

Baca Juga :  Di Reses Farida, Masyarakat Desa Lalundu Minta Pembangunan Infrastruktur

Dalam menghadapi kontestasi Pemilu jelas jamrin, nantinya Bawaslu secara berjenjang harus menjadi lebih baik dan lebih berkualitas. Baik dari sisi output maupun outcome.

“Kualitas dari Pemilu akan ditentukan tiga komponen, yang pertama adalah penyelenggara Bawaslu maupun KPU, kedua ada peserta Pemilu, dan yang ketiga adalah pemilih. Ini satu kesatuan dalam melakukan tugasnya masing-masing untuk melahirkan kualitas Pemilu yang lebih baik,” jelasnya

Jika ketiga komponen itu sudah bekerja sesuai dengan asas Pemilu, maka akan lahir Pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

“kalau kita sudah bekerja sesuai dengan asas Pemilu, peserta sudah taat pada peraturan perundang-undangan maka pemilih juga tidak akan mudah dipengaruhi terlibat dalam kasus politik uang,” tambahnya.

Baca Juga :  Wim “Lawan” Ronal Rebut DPC Demokrat Palu

Anggota Bawaslu Sulteng Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Diklat Ivan Yudharta juga memberikan sambutan maupun arahan bagi peserta Rakernis. Ia meminta jajaran Bawaslu kabupten/kota untuk senantiasa menjaga soliditas.

“Sebagai lembaga yang bekerja dan dipantau oleh masyarakat, maka menjadi penting bagi kita untuk selalu menjaga soliditas, solidaritas diantara kita, sehingga kedepan kerja-kerja kita akan lebih baik dan professional,”harapnya.

Rakernis ini juga dihadiri Anggota Bawaslu Sulteng Darmiati yang membidangi Koordinator Divisi penanganan pelanggaran, data dan informasi, dan anggota Bawaslu Sulteng Nasrun yang membidangi Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas (**)

Baca Juga :  Begini Tuntutan Resmi Aliansi Penyelamat PPP Sulteng

 

Pos terkait