DPRD Sulteng Minta Si-MHEGA disempurnakan

SULTENG,CS – Ketua Komisi-IV DPRD Sulteng Alimuddin Pa’ada, hadiri launching dan sosialisasi aplikasi Sistem Manajemen Hibah Keagamaan (Si-MHEGA) Kamis 29 September 2022 di hotel Santika Palu.

Lauching dirangkai penyerahan bantuan hibah keagamaan mobil ambulance dan mobil operasional kepada pengurus rumah ibadah, yayasan, dan lembaga keagamaan lainnya.

Mewakili Ketua DPRD, Alimuddin mengatakan pemberian bantuan hibah berupa barang atau uang dari pemerintah daerah kepada suatu kelompok atau masyarakat yang sesuai kebutuahan masyarakat sifatnya tidak secara terus menerus.

Pemberian hibah dilakukan secara selektif dengan tujuan untuk mendukung terselenggaranya fungsi pemerintahan, pembangunan, kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Syarif Latadano Bantah Terlibat Pemasangan Baliho Menolak Muktamar Alkhairaat

Pemberian hibah tersebut itu bersumber dari APBD yang merujuk pada Permendagri nomor 77 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah serta dikuatkan peraturan Gubernur Sulteng nomor 1 tahun 2022 tentang tata cara penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggung jawaban serta monitoring dan evaluasi hibah dan bantuan sosial.

Alimuddin mengaku bersyukur dan mengapresiasi Biro Kesra karena telah meluncurkan terobosan baru dan dilakukan launching berupa aplikasi sistem manajemen hibah keagamaan (Si Mhega yang bertujuan untuk lebih mempermudah dalam penyaluran bantuan hibah kepada masyarakat.

Baca Juga :  DPRD Sulteng Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi Pansus LKPj Gubernur Tahun Anggaran 2021

Aplikasi ini menurutnya belum dapat diakses karena belum sempurna. Karenanya dia mengingatkan Kepala Biro Kesra agar secepat mungkin melakukan penyempurnaan aplikasi tersebut.

Agar semua masyarakat dapat mengakses aplikasi tersebut baik itu masyarakat yang berada di pedesaan/pelosok maupun masyarakat perkotaan sehingga ketika masyarakat melakukan pengajuan suatu permohonan bantuan hibah kepada pemerintah daerah itu lebih gampang dan lebih terkordinir. Kedepannya pemberian bantuan hibah tersebut diharapkan lebih baik dan terakomodir dengan baik.

Ia meminta masyarakat agar bantuan yang diberikan tersebut dapat dijaga dan dipelihara dengan baik serta dimanfaatkan dengan baik, sehingga bantuan yang diberikan tersebut bisa lebih awet dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga :  Gedung Wanita Bidarawasia Sulteng Siap dimanfaatkan

Adapun bantuan hibah yang diserahkan kepada para pengurus Rumah Ibadah, yayasan, dan lembaga-lembanga keamanan lainnya yakni berupa mobil ambulance dan mobil operasional sebanyak 7 unit.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Gubernur Sulteng Ma’mun Amir, Kepala Biro Kesra Pemda Sulteng, pengurus rumah Ibadah dan lembaga keagamaan (**)

Pos terkait