KPA Palu Gelar Rakor Lintas Sektor Penanggulangan HIV/AIDS

PALU,CS – Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mengemukakan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) merupakan lembaga koordinasi lintas sektor dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di Kota Palu bersama seluruh perangkat daerah, lembaga, organisasi, komunitas, LSM dan masyarakat.

Demikian wali kota saat membuka pertemuan koordinasi lintas sektor Penanggulangan HIV-AIDS yang digelar KPA Palu, Kamis 29 Desember 2022 di kantor wali kota

Wali kota mengapresiasi dan penghargaan kepada KPA Kota Palu yang menyelenggarakan kegiatan tersebut.

KPA bersama sektor terkait lainnya turut serta berperan aktif sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, dalam melakukan upaya promosi pencegahan penularan HIV secara komprehensif.

Baca Juga :  Pemkot Palu Sediakan WiFi Gratis di Seluruh Kelurahan

Mengurangi stigma, melakukan pemetaan populasi kunci, mendorong maksimalnya akses pelayanan kesehatan dalam mendukung perawatan dan pengobatan bagi ODHA agar semakin sejahtera, produktif, adil dan sejahtera.

Pentingnya edukasi dan evaluasi HIV-AIDS di Kota Palu dan upaya bersama. Dengan gaya hidup di era modern, cukup beresiko juga terhadap penularan virus HIV-Aids yakni dengan adanya pergaulan bebas, hubungan seks bebas dan faktor beresiko lainnya.

Lalu harus adanya koordinasi dengan dinas, komunitas, dan lembaga untuk peningkatan pengawasan di sektor tempat tinggal sementara (kontrakan/kos-kosan) agar tidak terjadinya resiko penularan HIV-Aids dan diharapkan adanya peningkatan komunikasi yang perlu bersinergi.

Baca Juga :  Ribuan Warga Palu Salat Magrib Berjamaah di Halaman Kantor Wali kota Palu

“Agar tingkat penularan HIV-AIDS bisa menurun dan semakin berkurang itulah pentingnya tugas kita bersama,”pungkasnya.(**).

 

Pos terkait