Jumat Palu Sehat, Gratis Periksa Kehamilan dan Tekanan Darah

PALU,CS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu meluncurkan program pelayanan kesehatan gratis dengan nama Jumat Palu Sehat. Melalui program ini masyarakat Kota Palu nantinya bisa mendapat pelayanan kesehatan gratis langsung di sejumlah Puskesmas.

Program Jumat Palu Sehat ini dilaunching Wali Kota Palu Hadianto Rasyid, Jumat 6 Januari 2023 di Aula Kantor Kecamatan Palu Timur.

Atas peluncuran program tersebut, wali kota mengapresiasi Dinkes Palu karena hari itu juga program tersebut mulai efektif dilaksanakan.

Pelayanan kesehatan gratis nantinya dilakukan setiap pekan hari Jumat dengan layanan pemeriksaan kesehatan oleh dokter, pengobatan, pemeriksaan tekanan darah dan gula darah.

Baca Juga :  Ke SD Kecil Wana, Wali Kota Palu Komitmen Penuhi Kebutuhan Sekolah

Lalu pemeriksaan kesehatan Lansia, pemeriksaan kesehatan kerja bagi padat karya, pemeriksaan ibu hamil, serta penyuluhan dan konseling.

Kata wali kota pelayanan kesehatan gratis ini adalah upaya mendekatkan pelayanan kesehatan sekaligus sebagai bentuk pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan berdasarkan wilayah kelurahan masing-masing.

Hal itu menurutnya sesuai dengan visi misi Pemkot Palu dalam menciptakan pemerintahan yang profesional dan hadir melayani dengan program bidang kesehatan serta transformasi Puskesmas dan pemberian layanan kepada masyarakat yang tidak mampu.

Ia menambahkan pelayanan kesehatan merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan yang diberikan tenaga kesehatan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Warga Poboya Masuk Penjara Karena Upload Dugaan Pencemaran Sungai oleh PT CPM

Program Jumat Palu Sehat merupakan inovasi Dinkes Palu yang memberi kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar. Agar bisa mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian ibu dan anak serta pelayanan kesehatan Lansia.

Wali kota berharap dengan inovasi ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi masyarakat Palu sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan ibu, anak, dan Lansia, meningkatkan peran serta masyarakat.

Kemudian meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kegiatan-kegiatan lain yang menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat.

Dikesempatan tersebut, Walikota Palu juga langsung meninjau pelaksanaan pelayanan kesehatan gratis di kantor kelurahan Kabonena, kantor kelurahan Tavanjuka dan pelayanan kesehatan di wilayah Puskesmas Birobuli.

Baca Juga :  Konflik Petani dan PT KLS, LMND Demo di Mapolda Sulteng

Wakil Walikota Palu dr.Reny A Lamadjido, Sekda Kota Palu Irmayanti, Kepala Dinkes Sulteng I Komang Adi Sujendra ikut hadir dalam launching tersebut (***).

Pos terkait