Genjot 53 Program, Wali Kota Palu Tekankan Ini ke OPD

PALU,CS – Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menekankan sejumlah hal kepada seluruh pimpinan OPD terkait pencapaian 53 program kerja Pemkot Palu sekaligus evaluasi kinerja tahun 2022, Kamis 12 Januari 2023 di ruang rapat Bappeda Kota Palu.

Wali kota mengaku prinsipnya ia sangat berharap program unggulan 53 tersebut betul-betul menjadi ‘goal’ target semua OPD sehingga dibutuhkan proaktif dari semua untuk membangun tim kerja.

“Bukan hanya di internal OPD, tapi juga lintas OPD. Kepala OPD harus merasa sesama OPD saling memiliki ketergantungan dan keterkaitan agar program ini dapat berjalan dengan cepat,” katanya.

Baca Juga :  Lantik Pengawas dan Kepsek, Wali Kota Palu Sampaikan ini

Ia menekankan agar setiap OPD di lingkup Pemerintah Kota Palu harus ‘jemput bola’ jangan ‘menunggu bola’. Olehnya rapat evaluasi kali ini menjadi momentum untuk saling menguatkan dan silaturahmi antar kepala OPD.

Menurutnya, setiap OPD pastinya akan mengalami banyak kendala di OPD-nya masing-masing, karena OPD pasti tidak mampu melaksanakannya dengan sendiri.

“Akan tetapi butuh kerjasama semua OPD. Saya yakin bisa saling menguatkan antar satu dengan yang lain,” ungkapnya.

Ia pun meminta Bappeda Kota Palu betul-betul mengikuti progres kerja semaksimal mungkin. Rencana progres kerja harus berdasarkan skema realisasi anggaran per-TW-nya, sehingga itu menjadi ukuran realisasi kerja Pemkot Palu.

Baca Juga :  Resmikan Bale Banjar, Wali Kota Sebut Kontribusi Warga Bali Perlu dicontoh

Menurutnya target 53 program kerja Pemerintah Kota Palu tersebut harus terpenuhi dengan baik dan dievaluasi mana saja kira-kira program yang terlihat berat realisasinya itu harus didahulukan pelaksanaannya.

“Betul-betul dikaji dengan sebaik-baiknya. Manajemen seperti ini harus diperhatikan. Kemudian ketepatan kita dalam menargetkan sasaran, harus betul-betul dikuasai baik oleh kepala OPD. Jangan sampai tidak dikuasai,” tekannya.

Wali kota menegaskan agar setiap OPD dari awal juga harus melakukan evaluasi internal sebagaimana yang dilakukan saat ini, agar ketepatan sasaran dari program kerja yang dilaksanakan itu dapat tercapai.

Baca Juga :  Peduli Sulbar, BPOM di Palu Distribusi Logistik dan Relawan ke Mamuju

“Jadi ketika datang rapat evaluasi level tertinggi seperti ini bukan datang dengan bahan mentah. Tapi kita sudah datang dengan bahan jadi. Sehingga fokus point masing-masing OPD sudah ada,”pungkasnya (**).

Pos terkait