15 Tahun Eksis,  PT DS-LNG Gelar Lomba Video Banggai Itu Keren 2023

PALU,CS – PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) bersama Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palu menggelar Lomba Video bertema Banggai Itu Keren (BaIK) 2023. Lomba ini merupakan rangkaian peringatan 15 tahun DSLNG yang beroperasi di Desa Uso, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Lomba ini bertujuan menghadirkan komitmen DSLNG sebagai perusahaan energi yang mendukung pelestarian lingkungan hidup dalam upaya kampanye gerakan mencegah perubahan iklim.

Tidak hanya itu, melalui Banggai Itu Keren 2023, DSLNG juga mendukung pengembangan sektor pariwisata di wilayah Tiga Banggai, yakni Kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, dan Banggai Laut dengan mendorong upaya promosi daerah di media sosial.

Peluncuran lomba Banggai Itu Keren 2023 digelar di Palu dengan temu media, Sabtu 14 Januari 2022.

External Communication Supervisor DSLNG, Rahmat Azis yang juga turut berperan sebagai Juri mengatakan, “Banggai Itu Keren 2023 bertujuan meningkatkan kesadaran dan kebanggaan publik di wilayah tiga Banggai untuk melestarikan keindahan alam daerahnya.

Baca Juga :  Pemkot Palu dan DPRD Hentikan Pembahasan Dua Ranperda

Sekaligus meningkatkan kreativitas dan kapasitas utamanya kalangan muda dalam menghasilkan karya video promosi pariwisata daerah yang berkualitas, yang muaranya sebagai bentuk kampanye kesadaran untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan dalam upaya mengurangi pemanasan global yang menjadi tantangan planet bumi saat ini.

Kompetisi karya video pendek dengan durasi satu sampai tiga menit ini akan dilaksanakan mulai 14 Januari 2023 hingga 31 Maret 2023 dan akan diumumkan para pemenangnya pada peringatan Hari Bumi Sedunia, 22 April 2023.

Setiap karya video yang diperlombakan dalam format landscape wajib diupload ke akun media sosial pribadi peserta di tiga platform yakni Instagram (reels), TikTok, dan Youtube.

Banggai Itu Keren 2023 akan dinilai langsung oleh para juri dari DSLNG dan PFI Palu. Para juri tersebut yakni legenda fotografi nasional Arbain Rambey, Chief Editor National Geographic Indonesia Didi Kaspi Kasim, dan kontributor National Geographic Indonesia di Sulteng dan anggota PFI Palu Joshua Marunduh.

Baca Juga :  Nataru, Ribuan Personil Gabungan Ditempatkan di 1.607 Pos Pengamanan

Ketua PFI Palu, Ilham Nusi mengatakan bahwa “Banggai Itu Keren 2023” juga memiliki maksud untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif daerah tiga Banggai dari pengembangan sektor wisata berbasis alam yang menjadi kekuatan karakter pariwisata di kawasan Timur Sulteng ini.

Joshua Marunduh dari PFI Palu menjelaskan, karya video pendek boleh menggunakan musik yang tidak melanggar hak cipta, dan diperbolehkan menggunakan musik yang disediakan oleh platform media sosial sepanjang tidak melanggar hak cipta musik tersebut. Tidak diperkenankan membuat atau menambahkan watermark atau data pribadi di dalam karya video pendek.

Baca Juga :  Sekkot: RPPLH Palu diharap Arahkan Pembangunan Untuk Fungsi Lingkungan Hidup

Joshua menambahkan bahwa peserta harus memastikan akun media sosial miliknya tidak dikunci atau moda privasi. Jika peserta adalah tim, maka ketua dan seluruh anggota tim wajib mengunggahnya di akun media sosial masing-masing.

Adapun hadiah total yang akan diperoleh untuk tujuh pemenang sebesar Rp30 juta. Jura pertama akan meraih hadiah Rp8 juta. Juara kedua Rp6 juta, juara ketiga Rp5 juta, juara keempat Rp4 juta, juara kelima Rp m3 juta, juara keenam Rp2,5 juta, dan juara ketujuh Rp1,5 juta. Peserta yang masuk 25 finalis juga akan mendapatkan suvenir “Banggai Itu Keren 2023.”

Semua informasi persyaratan secara teknis, berupa syarat dan ketentuan lomba, alur registrasi, narahubung panitia dan contoh surat pernyataan keaslian karya video, bisa diakses melalui tautan bit.ly/PendaftaranBanggaiItuKeren2023 (**).

Pos terkait