Untuk Promosi Wisata, Festival Kelurahan Kota Palu direncanakan Serentak

PALU,CS – Festival budaya tingkat kelurahan di Kota Palu kini dilaksanakan Kelurahan Taipa Kecamatan Palu Utara dengan nama even Taipa Fest. Festival ini merupakan rangkaian hari jadi kelurahan tersebut.

Sekretaris Kota (Sekkot) Palu Irmayanti Petalolo hadir membuka kegiatan itu mewakili wali kota, Jumat Jumat 13 Januari 2023 di Lapangan Sepak Bola Taipa.

Sekkot mengatakan Kota Palu memiliki potensi yang luar biasa baik dari segi sumber daya manusia maupun alamnya. Keragaman potensi tersebut harus dimaksimalkan Kota Palu menjadi kota yang tidak lupa akan akar budaya daerahnya

Ia mengajak untuk senantiasa memelihara dan menjaga keberagaman budaya sebagai modal untuk membangun generasi muda yang berkualitas dan kompetitif

Baca Juga :  Pemkot Palu Komitmen Dukung Progam BAAS Demi Turunkan Stunting

Wali Kota Palu menurutnya berharap Taipa Fest yang notabene untuk memeriahkan hari ulang tahun Taipa ini juga dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali mengenali dan memahami nilai-nilai tradisi yang sarat kearifan dan tata nilai yang khas serta membangkitkan gerakan ekonomi kerakyatan melalui kreativitas dalam menciptakan produk-produk ekonomi kreatif.

Menurutnya Dimas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Palu akan mengkoordinasikan festival-festival yang dilakukan masing-masing Kelurahan agar dapat di sinkronkan dengan kalender event tahunan kota Palu.

Sehingga katanya kedepan diharapkan festival-festival di masing-masing Kelurahan bisa serentak dilaksanakan dalam waktu bersamaan. Dengan begitu diharapkan festival festival tersebut dapat membangun promosi wisata atau budaya yang ada di Sulawesi Tengah khususnya di Kota Palu

Baca Juga :  Juliati Sigit Prabowo Harap Masyarakat Jaga Sekolah YKB Huntap Tondo

Sekkot menjelaskan, beberapa kelurahan lain sudah melakukan festival budaya serupa. Karena itu nantinya akan diagendakan menjadi agenda tetap Pemkot Palu dalam menumbuhkan nilai-nilai budaya serta membangkitkan ekonomi kreatif di kota Palu.

Pemkot Palu menurutnya juga telah merencanakan pelaksanaan dua event besar sebagai rangkaian pelaksanaan hari ulang tahun kota Palu yaitu event komunitas kreatif kota Palu dan Palu sport event

Melalui dua event besar itu maka pelaksanaan berbagai festival di Kelurahan tentunya akan menjadi hiburan bagi wisatawan yang datang ke Palu.

Sekkot berpesan pelaksanaan Taipa Fest tidak hanya dilaksanakan sebagai kegiatan seremonial belakang sebagai rangkaian hari jadi Taipa. Melainkan juga dapat berlangsung secara rutin untuk dievaluasi terutama dalam hal sasaran dan manfaat yang telah dicapai.

Baca Juga :  Denda Rp500 Ribu Menanti Truck Pengangkut Material di Palu Jika Abaikan Hal Ini

Dengan begitu tambahnya Taipa Fest bisa mengembangan kreativitas masyarakat khususnya generasi muda untuk terus berkelanjutan.

Kepada Lurah Taipa, Sekkot pun berpesan agar Taipa Fest menjadi agenda tahunan karena kegiatan itu akan menjadi agenda Pemkot Palu.

“Kami harap dengan festival ini dapat mengembangkan kreativitas ya Inovasi dan semangat para kaula muda,”pungkasnya.

Dalam pembukaan Taipa Fest, tampak hadir Asisten 3 Pemprov Sulteng, Anggota DPRD Sulteng Alimuddin Pa’ada, Lurah Taipa Tokoh Adat ,Tokoh Masyarakat tokoh Pemuda Taipa.

Taipa Fest juga diikuti para UMKM dengan beragam makanan dan minuman Khas daerah khususnya makanan Kaili(***).

Pos terkait