Elisa Bungaalo Pertanyakan Penetapan Nomor Urut Dapil di Sulteng

SULTENG,CS – Anggota DPRD Sulteng Elisa Bunga Allo berkesempatan hadir dalam uji publik rancangan Daerah Pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi DPRD Sulteng yang diselenggarakan KPU Sulteng, Kamis 19 Januari 2023 di Sriti Convention Hall Palu.

Ketua KPU Sulteng bersama anggota memaparkan terkait rancangan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Sulteng untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Secara umum standar dan prinsip internasional terkait pembentukan Dapil diadopsi dan diterjemahkan oleh pembuat undang-undang kedalam 7 prinsip pembentukan Dapil sebagaimana yang termuat dalam Pasal 185 UU No.7 Tahun 2017 yakni kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas, dan berkesinambungan.

Baca Juga :  Pansus II DPRD Sulteng Konsultasikan 3 Ranperda ke Ditjen Otda

Urgensi terjadinya penataan Dapil terjadi karena perubahan jumlah suatu penduduk sehingga mengakibatkan alokasi kursi dalam satu Dapil melebihi batas maksimal atau kurang dari batas minimal yang telah ditentukan undang-undang, serta adanya pemekaran pada suatu wilayah, dan adanya Dapil pada pemilih sebelumnya bertentangan dengan prinsip-prinsip penataan Dapil.

Terkait masalah ketambahan jumlah alokasi kursi DPRD Sulteng tahun 2024, ini merujuk pada aturan perundang-undangan bahwa apabilah suatu daerah sudah mempunyai jumlah penduduk wajib pilih mencapai 3 juta sampai 5 juta jiwa, maka wajib hukumnya daerah tersebut mempunyai anggota DPRD sebanyak 55 kursi.

Baca Juga :  Pemprov Sulteng Segera Menyusun Master Plan Kawasan 1000 Megalith

Berdasarkan data Dukcapil yang ada bahwa jumlah penduduk Sulteng saat ini yang sudah wajib pilih sudah mencapai 3.074.958 juta jiwa yang terbagi sebanyak 7 Dapil di wilayah Sulteng.

Mewakili Ketua DPRD Sulteng, Elisa Bungaalo dalam kesempatan ini mempertanyakan terkait penetapan nomor urut Dapil. Ini terkait Dapil Donggala-Sigi yang merupakan Dapil yang terdekat dari dapil Sulteng 1 yakni Kota Palu namun menempati nomor urut 7 untuk wilayah Dapil Sulteng.

Sebab, jika dilihat dari segi aksesbilitasnya dan kewilayahannya, seharusnya kata Elisa, penetapan nomor urut dapil berdasarkan jarak terdekat dari dapil Sulteng 1 yakni Kota Palu.

Baca Juga :  DPRD Sulteng Pelajari Cara DKI Jakarta Memanusiakan Penyandang Disabilitas

Selain itu, Eilsa Bunga Allo juga mempertanyakan terkait hak pilih bagi warga di luar daerah atau warga yang ada diluar kota.

Menurutnya apakah ada aturan atau kewenangan KPU untuk memberikan hak pilihnya meskipun warga tersebut berada di luar suatu daerah atau kota.

“Apakah mereka diharuskan balik ke daerah Dapil terlebih dahulu atau bisa memilih di daerah yang dia tempat saat itu untuk memberikan hak pilihnya kepada Dapil meraka berasal,”tanya Elisa.

Namun ia mengapresiasi uji publik ini dan berharap KPU Sulteng dapat bekerja lebih baik lagi dan lebih transparansi dalam mengawal proses pemilihan umum yang akan datang.(***).

.

Pos terkait