Jamrin : Perlu Ada Desain Pengawasan Data Pemilih di Perbatasan

SULTENG,CS – Badan Pengawas Pemilu(Bawaslu) Sulteng menggelar rapat pembahasan data pemilih di daerah perbatasan, Kamis 2 Februari 2023 di ruang rapat Gakkumdu Bawaslu Sulteng.

Rapat digelar untuk mendorong kontribusi semua pihak agar bisa ikut serta mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 terkait urgensi data pemilih di daerah perbatasan.

Ketua Bawaslu Sulteng Jamrin, menyebut tiga wilayah perbatasan yang jadi fokus perhatian adalah wilayah perbatasan Sulteng dan Sulawesi Barat (Sulbar) juga Provinsi Sulawesi Tenggara, (Sultra)

Lalu perbatasan antar Kabupaten Sigi dan Poso dan Sulteng dan Provinsi Gorontalo.

Baca Juga :  Hadapi Pileg 2024, DPC PKB Banggai Tetapkan Nomor Urut 35 Bacaleg

Jamrin mengatakan Bawaslu perlu mengambil langkah untuk menyusun desain-desain pengawasan terhadap data pemilih di daerah perbatasan dengan berkoordinasi KPU Sulteng.

Sehingga nantinya menghasilkan pandangan yang sama terkait jumlah pemutakhiran data pemilih di wilayah perbatasan.

Anggota Bawaslu Sulteng Nasrun berharap hasil pertemuan ini mendapatkan solusi bersama dari permasalahan terkait daftar pemilih tetap di daerah perbatasan.

Nasrun mengatakan hasil pertemuan akan menjadi langkah tindak lanjut antara penyelenggara Pemilu dan instansi pemerintah terkait.

“Tawaran kami nantinya kita akan melakukan lagi pertemuan koordinasi bersama yang melibatkan kedua penyelenggara Bawaslu dan KPU Kabupaten dan pemerintah daerah di wilayah perbatasan tersebut,”ujarnya.

Baca Juga :  Pengurus DPC PKB se Sulteng Kantongi SK, Ini Pesan Politik Rahmawati

Karena menurutnya daerah perbatasan menjadi salah satu persoalan yang menjadi penting untuk dibahas. Sebab hal ini menyangkut tentang hak pilih warga negara yang tidak bisa diabaikan agar masyarakat tetap dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota KPU Sulteng, Anggota KPU Sigi, ketua dan anggota Bawaslu Sigi dan anggota Bawaslu Poso (***).

Pos terkait