Apel Siaga 539 Personil Satpol-PP Palu. 368 Masih Status Kontrak

PALU,CS – Sebanyak 539 personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Palu mengikuti apel siaga yang dipimpin langsung Wali Kota Palu Hadianto Rasyid, Selasa 7 Februari 2023 di Halaman Kantor Wali Kota Palu.

Sebelum mengutarakan amanatnya, wali kota terlebih dulu memeriksa barisan personil Satpol-PP yang hadir lengkap dengan kendaraan operasional dan pasukan Pengendali Massa (Dalmas).

Sebagaimana dibacakan Sekretaris Satpol-PP Palu, Hafid Jakarate, dari sebanyak 539 personil Satpol-PP Palu, hanya 62 di antaranya yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta hanya 1 diantara Penyidik PNS.

Kemudian 368 personil saat ini masih berstatus pegawai kontrak dan jumlah personil pada satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) sebanyak 108 orang.

Baca Juga :  Wali Kota Palu Koordinasikan Pengembangan KEK di Jakarta

Menurut Hafid, tahun anggaran 2023, Kantor Satpol-PP Palu dialokasikan anggaran sebesar kurang lebih Rp14,2 Miliar.

Saat ini tambah Hafid, Kantor Satpol-PP Palu telah dilengkapi unit comand center dan membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk menindaklanjuti penanganan laporan masyarakat baik melalui website laporwalikotapalu dan website pantau.

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid menjelaskan, pihaknya akan mengevaluasi dan memberi penguatan anggaran tahun 2023 melalui APBD perubahan.

Karena menurutnya saat ini Satpol-PP Palu hanya memiliki 7 unit kendaraan patroli motor. Maka untuk menunjang kinerjanya dalam APBD perubahan rencananya akan ditambah.

“Bagaimana kita bisa bergerak cepat jika Patmor kita hanya 7 unit. IsnyaAllah kita akan tambahkan termasuk juga kendaraan operasional lainnya,”kata Hadianto Rasyid.

Baca Juga :  PT United Tractors Tanam 500 Pohon di Kecamatan Mantikulore

Terlebih kata wali kota, personil Satpol PP saat ini cukup repot melaksanakan tugas yang ia berikan.

“Kalian cukup repot melayani keinginan saya dengan jumlah dan fasilitas yang ideal untuk kerja cepat. Tapi Alhamdulilah dalam setahun hasilnya baik. Ketertiban dan kebersihan lebih berjalan baik. Ini bukti kalian melaksanakan tugas dengan baik,”katanya.

Wali kota dalam arahannya pun berjanji, akan menambah jumlah Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) di Satpol-PP Palu.
Dengan begitu ia berharap kesejahteraan pegawai juga bisa meningkat.

“Pemkot Palu sedang berusaha mewujudkan itu. Namun itu tidak akan pernah terwujud jika personil Satpol-PP tidak mampu menjalankan tugas dengan baik mengamankan progam yang berjalan,”ujarnya.

Baca Juga :  KPU Palu Harap Perbaikan Data Keanggotaan Parpol Tidak di Menit Terakhir

Iapun akan memberikan penilaian atas pencapaian kinerja personil Satpol-PP Palu.

Ia juga mengingatkan agar dalam bertugas, personil mengedepankan dan tetap menjaga sikap humanis.
Menginformasikan terlebih dasar hukum sebelum menjalankan tugas agar masyarakat bisa memahami.

“Namun harus tetap tegas dalam bertindak. Saya berharap optimalkan tugas dan kerja kalian untuk Kota Palu. Loyalitas harus tetap dijaga. Dengan tekad bersungguh-sungguh, InsyaAllah kita bisa wujudkan bersama apa yang telah kita targetkan,”demikian wali kota (TIM).

Pos terkait