Politeknik Cendrawasih Berkontribusi Bidang Kesehatan di Palu

PALU,CS – Sekretaris Kota (Sekkot) Palu Irmayanti Pettalolo mengatakan aktivitas pendidikan, sebagai upaya peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan suatu hal esensi kedudukannya.

Karena Itu kegiatan belajar mengajar di institusi pendidikan tidak bisa terhalangi atau tertunda aktivitasnya, sebab pendidikan merupakan hak asasi bagi manusia.

Demikian Sekkot yang mewakili wali kota dalam Capping Day Politeknik Cendrawasih Palu, Sabtu 11 Februari 2023 hotel Santika Palu pada Sabtu.

Capping day menurutnya peristiwa penting dalam perjalanan seorang mahasiswa kebidanan yang menjadi starting point dari suatu proses untuk memperoleh ilmu yang bersifat praktis dan empiris.

Baca Juga :  Inkubator Bisnis Digital Program Pemkot Palu Untuk Pemuda

Capping day merupakan tonggak dimulainya penerapan ilmu-ilmu dasar kebidanan yang diperoleh selama perkuliahan, dalam rangka mengaktualisasikan serta mengaplikasikan pada obyek pelayanan kesehatan.

Yang mencakup persalinan dan kesehatan reproduksi. Sehingga apa yang diharapkan dari sebuah proses pendidikan kebidanan dapat terwujud, yaitu bidan yang kompeten dan profesional.

Pembangunan bidang kesehatan lanjut Sekkot merupakan bagian integral dari pembangunan nasional dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar terwujud derajat kesehatan yang optimal, yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu dan daya saing sumber daya manusia.

Baca Juga :  Wali Kota Palu Evaluasi Kinerja Camat dan Kepala OPD

“Kesiapan dan kemampuan kita menjawab semua konsekwensi positif dari implikasi desentralisasi urusan kesehatan. Untuk urusan kesehatan, Pemkot Palu telah menetapkan kebijakan pembangunan melalui gerakan Palu sehat,”katanya.

Hal itu membutuhkan kontribusi dan dukungan semua pihak termasuk mahasiswa cendrawasih Politeknik.

Sekkot menyebut hal menarik yang perlu dicermati bersama yakni perlunya dukungan SDM untuk peningkatan kualitas layanan. Olehnya, dituntut kompetensi dari sumber daya manusia yang terlibat langsung dalam aktivitas pelayanan.

“Hal ini dimaknai bahwa kita dapat melaju dan bergerak mengikuti perkembangan zaman sesuai dengan tuntutan dan harapan masyarakat, jika aktivitas pembangunan itu dilaksanakan dan dikendalikan oleh sumber daya yang berkualitas,”sebutnya.

Baca Juga :  Ini Pesan Kasi Bimais Kemenag Kota Palu untuk Penyuluh Agama

Terselenggaranya program pendidikan diploma III kebidanan politeknik cendrawasih Palu sebagai bagian dari upaya pembangunan urusan kesehatan. Politeknik Cendrawasih telah berkontribusi nyata pada pembangunan kesehatan di Palu.

Alumninya telah membuktikan keterlibatannya untuk pembangunan kesehatan di Palu(**).

Pos terkait