Tahapan Pemilu Jalan Beririsan, Media dan Pemantau Pemilu diharap Berpartisipasi Mengawasi

SULTENG,CS – Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Sulteng, Darmiati mengajak pemantau Pemilu dan media turut berperan aktif dalam mengawasi jalannya proses tahapan Pemilu.

Menurutnya saat ini tahapan Pemilu berjalan beririsan antara proses pendaftaran pemilih serta verifikasi faktual dukungan minimal Bakal Calon (Balon) DPD RI dan seleksi Komisioner KPU Sulteng.

Pemantau Pemilu dan media ia harap bisa jadi perpanjangan dan telinga Bawaslu di lini lapangan. Karena dia menilai ada potensi pelanggaran baik dalam proses verifikasi dukungan Balon DPD berkaitan pencatutan nama pendukung.

Baca Juga :  Proses PAW Basmin Karim Sudah di KPU

“Pemantau Pemilu yang sudah terdaftar melakukan koordinasi ke Bawaslu Sulteng segera infokan personilnya di kabupaten. Agar bisa disampaikan ke Bawaslu kabupaten/kota,”kata Darmiati saat membuka sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif bertema penguatan pemantau Pemilu. Selasa 14 Februari 2023 di Hotel Best Western Palu

Ia mengatakan, Selasa 14 Februari 2023 merupakan waktu satu tahun menjelang hari pemungutan suara yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024 mendatang.

“Kita semua diharapkan berperan serta di dalam melakukan pengawasan pada seluruh tahapan Pemilu,”ujarnya.

Darmiati menyebut pengawasan tahapan Pemilu ini bukanlah hal yang mudah dilakukan sehingga peran Pemantau Pemilu untuk menjadi mata dan telinga Bawaslu dalam mengawasi jalannya proses tahapan Pemilu sangat penting.

Baca Juga :  Sejumlah Kepala OPD Tidak Hadir, Pansus II DPRD Palu Tunda Pembahasan Dua Ranperda

“Tentu ini bukanlah hal yang mudah untuk kami lakukan, oleh karena itu pengawasannya kami berharap seluruh pemantau Pemilu yang sudah terakreditasi di Bawaslu Republik Indonesia diharapkan peranannya untuk menjadi perpanjangan telinga dan mata kami sebagai pengawas Pemilu,” sebutnya.

Sosialisasi dirangkaikan dengan launching siaga pengawasan 1 tahun menjelang hari pemungutan suara, serta dilanjutkan dengan pembacaan bersama deklarasi Pemilu Damai dan Berintegritas.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan peserta dari berbagai pemantau Pemilu yang sudah mendapatkan legalitas dari Bawaslu RI dan mengundang peserta dari Media cetak dan media online/elektronik.(TIM)

Pos terkait