100 Pelajar di Banggai Ikuti Seleksi Paskibraka, Amirudin : Kita Menyeleksi Yang Punya Kemampuan

Bupati Banggai, Amirudin (tengah) beserta pantia dan calon Paskibraka 2023, di ruang rapat umum kantor Bupati Banggai, Senin 3 April 2023. (FOTO : Istimewa)

BANGGAI, CS – Bupati Banggai H. Amirudin membuka langsung seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023, bertempat di ruang rapat umum kantor Bupati Banggai, Senin 3 April 2023.

Sebanyak 100 pelajar dari berbagai SMA di Kabupaten Banggai mengikuti tahapan seleksi tersebut.

Bacaan Lainnya

Mulai dari seleksi administrasi, parade, wawasan kebangsaan, tes ideologi online, PBB, Samapta, dan terakhir wawancara.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Banggai, Herdi Djiada mengatakan, dalam seleksi wawancara, ada 3 item yang dinilai. Yaitu penilaian ideologi dan wawasan kebangsaan, minat dan bakat, serta penulusuran di media sosial.

Dari tahapan seleksi ini, panitia akan menyaring 48 pelajar. 2 di antaranya akan dikirim ke Palu untuk Paskibraka Provinsi Sulawesi Tengah.

“Hari ini sedang berlangsung seleksi wawancara,” katanya.

Sebelum seleksi wawancara dimulai, dalam arahannya Bupati mengatakan kepada calon peserta, agar tidak perlu hawatir dalam mengikuti seleksi wawancara.

Rekrutmen kali ini dinaungi langsung oleh Kesbanglinmaspol Kabupaten Banggai, untuk betul-betul mencari peserta yang punya kemampuan.

Ia menegaskan tidak ada titipan dalam setiap proses seleksi calon Paskibraka. Lulus dan tidaknya seseorang tergantu kemampuan masing-masing.

“Peserta tidak perlu khawatir, seleksi berdasarkan kemampuan. Dicari orang-orang yang punya kemampuan. Yang menentukan nasib adalah diri kita sendiri,” tegas Bupati Amirudin.

Ia juga memastikan seleksi Paskibraka dibuka untuk semua SMA di Kabupaten Banggai, tidak terfokus hanya sekolah-sekolah tertentu saja.

Saat ini, kata Bupati Amirudin, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi, seperti Universitas Tadulako, Universitas Hasanuddin, Unuversitas Gadjah Mada, dan lainnya.

Kerja sama itu salah satunya untuk anggota Paskibraka yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Kami akan berikan rekomendasi bagi yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi,” tutup Bupati. (AMLIN)

Pos terkait