Daftar Calon DPD, Trie Iriany Lamakampali: Saya Serahkan Kepada Allah

SULTENG,CS – Trie Iriany Lamakampali resmi mendaftar sebagai bakal calon Anggota DPD RI ke KPU Sulteng, Jumat 12 Mei 2023. Mantan Kepala Dinas Pertanian Sulteng ini membawa serta dukungan sebanyak 2500 lembar Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syarat calonnya.

Kepada wartawan Trie mengaku semenjak berniat maju sebagai calon DPD RI, saat itu pula komitmen untuk membangun daerah muncul dengan satu semangat mensejahterakan masyarakat.

“Saya berniat maju karena akan konsisten berbuat untuk kepentingan Sulteng dan masyarakat,”,kata Trie.

Trie mengatakan, dengan mencalonkan diri sebagai DPD, maka ia akan bekerja untuk pemenangan itu secara optimal. Selebihnya kata dia adalah urusan Allah SWT.

Baca Juga :  DPRD Donggala Gelar Paripurna Laporan Hasil Reses

“Saya serahkan sepenuhnya kepada Allah SWT,” kata Trie Iriany Lamakampali.

Meski begitu, Trie menyebut dirinya tentu punya konsep yang ingin ia perjuangkan jika nantinya terpilih. Menurutnya Sulteng kaya akan potensi sumber daya alam (SDA). Maka dari potensi itulah yang perlu dikembangkan dengan mencari solusi pengembangan melalui ruang senator DPD RI.

DPD ujarnya punya fungsi pengawasan. Maka dari fungsi itulah kemudian bagaimana seorang senator perlu memikirkan kebutuhan masyarakat melalui Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat di daerah khususnya di Sulteng.

“Potensi apa kira-kira yang bisa untuk penguatan ekonomi kerakyatan berdasarkan gantungan hidup masyarakat,”sebutnya.

Baca Juga :  Irsan Satria Terpilih Ketua Komisi A DPRD Kota Palu dalam Sidang Pembentukan AKD

DPD menurutnya juga perlu membangun sinergi dengan DPR RI serta instansi kelembagaan yang mumpuni serta punya niat untuk membangun Sulteng.

“Tidak bisa DPD RI berjalan sendiri, maka DPD harusnya membangun sinergi dengan DPR RI,”sebutnya.

Baginya, untuk kepentingan pembangunan kesejahteraan masyarakat, maka nantinya jika terpilih, ia akan mencari skala prioritas menyangkut kepentingan masyarakat.

Sebagai mantan kepala dinas pertanian, maka Trie mengaku sudah pasti akan mencari potensi itu salahsatunya dari sektor pertanian. Terlebih penduduk Sulteng sebagian besar kebetulan menggantungkan hidup di sektor pertanian.

“Harus dari sini (sektor pertanian) karena memang sejauh ini belum maksimal dikelolah dan dikembangkan. Ini peker rumah bagi saya,”ujarnya mantap.

Baca Juga :  Ini Hasil Kerja Pansus Ranperda APBD Kota Palu 2021, Semua Fraksi DPRD Menyetujui

Di bagian lain, Trie berpendapat bahwa perimbangan keuangan pusat dan daerah harus disuarakan. Perencanaannya tidak boleh disandarkan hanya pada pemerintah daerah saja melainkan perlu dorongan dari DPD.

“Karena dana perimbangan kita di Sulteng masih jauh dari harapan dan ini perlu dorongan,”paparnya.

Suaminya, Arena Parampasi yang ikut mendampingi langsung proses pendaftaran menegaskan dirinya akan all out turun lapangan membantu pemenangan Trie Iriany Lamakampali.

“Sebagai seorang politisi sekaligus suami, sudah pasti saya akan mendu sepenuhnya,”kata Arena.(TIM).

 

Pos terkait