Ketua DPRD Sulteng diwakili Hadir Pada Dies Natalis ke – 56 UIN Datokarama Palu

SULTENG,CS – Peringatan Dies Natalis Ke-56 Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Rabu 17 Mei 2023 di auditorium UIN berlangsung semarak. Peringatan Dies Natalis ini mengusung tema “Bergerak Maju Membangun Peradaban Indonesia dan Dunia”.

Ketua DPRD Sulteng dalam kegiatan ini diwakili Ketua Komisi-IV Alimuddin Pa’ada.
Kegiatan ini juga dihadiri Asisten-I Pemprov Sulteng Fahrudin mewakili Gubernurnya.

Rektor UIN, Saggaf S Pettalongi menjelaskan, Dies Natalis ini merupakan perayaan pertama kalinya semenjak perguruan tinggi tersebut berdiri di Sulteng 56 tahun silam. UIN semula berstatus sebagai filial dari IAIN Alauddin Makasar kemudian beralih status menjadi STAIN Datokarama Palu kemudian beralih status lagi menjadi IAIN Datokarama Palu hingga kini menjadi UIN Datokarama Palu.

Baca Juga :  Ke Bappeda DKI Jakarta, Pansus II DPRD Sulteng Bahas Pengelolaan CSR

Datokarama sendiri merupakan pemberian gelar yang diberikan tokoh-tokoh masyarakat Lembah Palu kepada Abdullah Raqi yang merupakan seorang tokoh berasal dari Pagaruyung Kesultanan Padang Pariaman. Berkat perjuangannya yang telah berhasil mengislamkan raja-raja di Lembah Palu.

Karena jasa dan kealimannya orang-orang suku kaili menyebutnya sebagai “To Nabaraka” artinya orang yang memiliki karamah atau kemuliaan. Datokarama juga merupakan seorang tokoh yang pertama kali menyebarluaskan ajaran agama islam di Lembah Palu.

Ketua Komisi-IV DPRD Sulteng Alimuddin Pa’ada mengapresiasi atas kemajuan dan perkembangan UIN Datokarama Palu yang begitu cepat. Apalagi dalam hal ini UIN Datokarama Palu pernah mengalami kerusakan yang begitu parah akibat dampak gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi tahun 2018 silam.

Baca Juga :  Humas PKS Sulteng Hadiri PR Summit di Jakarta

Menurutnya UIN yang sekretaris merupakan suatu kerja keras dan perjuangan yang begitu hebat oleh Rektor UIN Datokarama Palu bersama seluruh jajaran civitas akademik yang mendirikan kembali UIN Datokarama Palu begitu kokoh, indah, bersih, dan tertata rapi, ini merupakan suatu tanggung jawab yang sungguh luar biasa.

Ia mengatakan UIN Datokarama Palu bukan hanya berkecimpung bidang pindidikan religius saja akan tetapi kini sudah bertransformasi pada bidang pendidikan umum, dan para lulusannya sudah bertebaran di seluruh wilayah Indonesia.

Alimuddin berharap kedepan UIN Datokarama Palu semakin maju, berkembang, dan sukses dalam melahirkan generasi-generasi yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan religius yang hebat. Sehingga nantinya mampu memberikan kontribusi serta ikut andil dalam memajukan bangsa dan negara kearah yang lebih baik lagi.

Baca Juga :  Sulteng Butuh Investor, Gubernur Akan Bentuk Tim Penyelesaian Konflik Agraria

Mereka yang hadir dalam Dies natalis antara lain, Wakil Rektor-I UIN Datokarama Palu H.Abidin, Wakil Rektor-II UIN Datokarama Palu Kamarudin, Wakil Rektor-III UIN Datokarama Palu Mohamad Idham, Ketua Senat UIN Datokarama Palu, Hamlan, Sekertaris Senat UIN Datokarama Palu, Fatimah Saguni, Para Civitas Akademik UIN Datokarama Palu, Unsur Forkopimda Sulteng, Para Alumni beserta Mahasiswa UIN Datokarama Palu.(**).

Pos terkait