Reny Harap Ada Lulusan SMPN 1 Palu Yang Jadi Wakil Wali Kota

PALU,CS – Ratusan siswa-siswi SMPN 1 Palu memeriksakan golongan darahnya pada dokter dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS Patklin) Cabang Palu, Jumat 19 Mei 2023 di Aula SMPN 1 Palu.

Pemeriksaan darah ini merupakan kegiatan untuk memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia ke-115 yang jatuh pada 20 Mei 2023.

Bakti sosial tersebut dibuka Wakil Wali Kota (Wawali) Palu sekaligus Ketua PDS Patklin Cabang Palu,

Reny mengatakan pemeriksaan golongan darah penting dilakukan para siswa SMP karena banyak manfaatnya. Misalnya untuk kepentingan transfusi darah jika terjadi kecelakaan terna untuk kepentingan administrasi kependudukan maupun izin mengemudi. Termasuk untuk kepentingan persalinan bagi perempuan.

Baca Juga :  Semarakkan Bulan K3 Nasional 2024, PT AKM Gelar Sejumlah Lomba Antar Departemen

Karena itu ia menekankan agar para siswa tidak perlu takut saat diperiksa golongan darahnya.

“Jarumnya kecil, tidak usah takut. Meskipun jarumnya kecil, tapi manfaatnya sangat besar. Supaya kedepan adik-adik tahu golongan darahnya apa,” ungkap Beliau.

Dia menjelaskan spesialis Patologi Klinik adalah spesialis yang bergerak dan melaksanakan tugas di laboratorium. Salah satu tugasnya seperti serkaitan dengan pemeriksaan Covid-19 antara lain membaca hasil SWAB Test, PCR, hingga menentukan pasien tersebut positif atau negatif.

Jumlah dokter spesialis ini ungkapnya sebanyak 13 orang yang tersebar bertugas di sejumlah kabupaten dan kota di Sulteng.

Baca Juga :  Alumni SMKN 3 Palu Bagi Takjil dan Paket Sembako ke Pengguna Jalan

“Cabangnya, Cabang Palu. Tapi anggotanya itu seluruh dokter spesialis klinik di Sulteng,” jelasnya.

Pada bagian lain, Reny berharap lulusan SMPN 1 Palu nantinya bisa menjadi orang-orang yang sukses dalam karirnya. Ia bahkan berharap nantinya ada lulusan SMPN 1 Palu ini yang menjadi wali kota maupun wakil wali kota.

Reny mengatakan dokter yang tergabung dalam PDS Patklin mayoritas adalah alumni SMP Negeri 1 Palu.

“Saya bukan alumni SMP 1 tapi teman -teman dokter lainnya banyak yang alumni SMP 1. Apakah ada anak-anakku yang mau jadi wakil wali kota?,”tanya Reny.

Baca Juga :  Warga Tawaeli Minta Layanan Pencetakan KTP di Kecamatan

Sayangnya pertanyaan tersebut ditanggapi dingin para siswa yang hadir. Yang mengacungkan telunjuknya hanya hitungan jari.

Sebelumnya Kepala Sekolah SMPN 1 Palu, Reski, mengatakan kegiatan pemeriksaan darah adalah kegiatan yang lumrah.

Meski begitu, untuk kegiatan pemeriksaan darah yang digelar PDS Patklin ini pihaknya terlebih dahulu menyampaikan surat pemberitahuan kepada seluruh orang tua.

“Alhamdulillah semua orang tua merespon dengan membalas surat pemberitahuan. Karena ini juga penting untuk mengetahui golongan darah siswa,”katanya (TIM).

Pos terkait