Wawali : Kita Tidak Boleh Lupakan Tragedi Bencana di Palu

PALU,CS – Wakil Wali Kota (Wawali) Palu dr Reny A Lamadjido menyebut hari kesiapsiagaan nasional merupakan momentum untuk mengingat dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana.

Terlebih katanya bagi warga Palu yang notabene adalah wilayah rawan terhadap bencana alam, terutama gempa bumi.

“Kita semua tidak boleh melupakan tragedi dahsyat yang menimpa kota ini pada tahun 2018 lalu. Namun, dari kejadian itu, kita belajar bahwa kesiapsiagaan adalah kunci untuk menyelamatkan nyawa dan melindungi masyarakat kita,”pesan Wawali.

Hal itu dikemukakan Wawali dalam kegiatan simulasi dan evaluasi mandiri gempa bumi yang dilaksanakan BPBD Palu di Sekolah Gamaliel Palu, Rabu 24 Mei 2023.

Kegiatan tersebut digelar untuk memperingati hari kesiapsiagaan Nasional tahun 2023.

Menurutnya hari kesiapsiagaan bencana nasional adalah momen penting bagi kita untuk merefleksikan kesiapsiagaan kita dalam menghadapi ancaman bencana, Karena itu jelas Wawali, kedepan bagaimana upaya terus ditingkatkan.

“Simulasi dan evakuasi mandiri gempa bumi yang kita lakukan hari ini adalah langkah konkret untuk melatih dan mempersiapkan diri kita dalam menghadapi situasi darurat,”ujarnya.

Wawali mengimbau seluruh warga Kota Palu untuk tidak menganggap remeh ancaman bencana.

“Mari kita tingkatkan pengetahuan kita tentang tindakan kesiapsiagaan. Mulai dari cara mengenali tanda-tanda awal gempa bumi hingga cara aman menghindari bahaya saat terjadi gempa,”pungkasnya (**).

 

Pos terkait