Untuk Kenyamanan Pengguna Jalan, Dinas PU Palu Pasang Tanda di Lubang Trotoar Jalan Kartini

Sekretaris Dinas PU Palu, Ismayadin Parigade didampingi Kabid Bina Marga, M Aris bersama Sekretaris Satpol-PP Palu Hafid Djakarate meninjau lubang trotoar yang dipasangi tanda pengaman, Sabtu 17 Juni 2023 (Foto: Channelsulawesi.id).

PALU,CS – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu menaruh perhatian penuh terhadap hilangnya manhole atau penutup lubang trotoar drainase di ruas Jalan Kartini Palu dan sekitarnya.

Sejumlah manhole di ruas jalan ini sebelumnya dicuri orang tidak bertanggung jawab. Akibatnya, lubang trotoar yang sedianya tertutup manhole kini menjadi lubang menganga sekira 60×80 centimeter persegi disejumlah titik. Kondisi itu dikawatirkan bisa mengancam keselamatan pengguna jalan.

Pihak Dinas PU Palu sendiri menerima sedikit puluhan laporan kehilangan kelengkapan marka jalan tersebut.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Dinas PU Palu memasang tanda pengaman di sejumlah lubang trotoar yang kehilangan manhole. Selain sebagai tanda titik manhole hilang, tanda ini juga berfungsi sebagai pengaman bagi pejalan kaki agar tidak terperosok dalam lubang ketika beraktifitas di atas trotoar.

Baca Juga :  Jakarta, Kalimantan dan Papua Siap Hadiri Muktamar WIA ke-VII di Sigi

Sabtu pagi 17 Juni 2023, Sekretaris Dinas PU Ismayadin Parigade dan Kepala Bidang Bina Marga, M Aris meninjau langsung tanda pengaman di ruas jalan Kartini yang telah terpasang.

Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Palu, M Hafid Djakarate juga ikut dalam peninjauan itu.

Ismayadin menjelaskan, pemasangan tanda ini dilakukan untuk sementara waktu. Saat ini pihaknya tengah membuat manhole pengganti berbahan beton.

Nantinya kata Ismayadin, Dinas PU Palu dan Satpol PP akan bekerjasama untuk melakukan pemantauan dan penjagaan manhole di seluruh ruas jalan di Kota Palu. Dengan begitu, kejadian pencurian manhole bisa diantisipasi.

Baca Juga :  PKB Kota Palu Tasyakuran Sambut Perpres Dana Abadi Pesantren

Sekretaris Satpol-PP Palu, Hafid Djakarate mengatakan, saat ini pihaknya telah mengerahkan personil patroli motor untuk melakukan pemantauan 1×24 jam terhadap kemanan manhole tersebut.

Pasca maraknya pencurian manhole, maka lima tim patroli motor tersebut kata Hafid akan memprioritaskan pemantauan di ruas-ruas jalan yang dilengkapi manhole dalam wilayah kota.

Sesuai rencana, tahun 2023 mendatang, Satpol-PP Palu ungkapnya akan menambah lagi sebanyak lima patroli motor. Sehingga kedepannya pemantauan terhadap ruas jalan bisa lebih efektif.

“Wali Kota Palu bahkan berencana mengadakan lima patroli motor untuk setiap kecamatan,”ungkapnya.

Baca Juga :  WIM Upayakan Kenaikan Insentif Kader Posyandu Melalui BANGGAR DPRD Palu

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga, M Aris menjelaskan, pihaknya membuat sedikitnya 13 tanda pengaman lubang trotoar untuk sepanjang ruas jalan Kartini.(TIM).

Pos terkait