Ini 15 Nama Calon Ketua Nasyiatul Aisyiyah Sulteng

Ketua PW NA Sulteng, Nova Herlina (tengah), diapit Ketua Panlih, Ismawati (kiri) dan Ketua Panitia Muswil XIV Nasyiatul ‘Aisyiyah Sulteng tahun 2023 (Foto: Dokumentasi PW NA Sulteng).

PALU,CS – Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (NA) Sulawesi Tengah (Sulteng) telah melaksanakan Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil), Sabtu 23 September 2023. Muskerwil ini merupakan pra Musyawarah Wilayah (Muswil) yang akan dilaksanakan 29-30 September 2023 mendatang.

Muskerwil yang dilaksanakan secara online tersebut beragenda tunggal pembahasan dan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Pimpinan Wilayah NA Sulteng, periode Muswil XIV.

Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Muswil NA Sulteng, Ismawati SH menjelaskan dalam Muskerwil, panitia telah menetapkan 15 nama yang masuk dalam DCT.

Selanjutnya nama-nama inilah yang akan maju dalam pemilihan Calon Ketua dan Pimpinan Wilayah di Muswil NA Sulteng pekan depan. Selanjutnya sesuai keputusan Muskerwil, maka Muswil NA Sulteng akan dilaksanakan 29-30 September 2023 di Kota Palu.

Baca Juga :  Banyak Kades dipadana, DPRD Sulteng Konsultasikan Ranperda Penyelenggaraan Pemerintah Desa

Menurutnya sebagaimana prosedur dalam organisasi NA, bahwa Panlih telah bekerja sejak beberapa bulan yang lalu dengan melakukan penjaringan dan penyaringan.

Awalnya, Panlih yang dibentuk oleh PW NA Sulteng kata Ismawati, mengirimkan surat permohonan usulan dari seluruh Pimpinan Daerah NA se-Sulteng. Pengurus PW NA juga diminta untuk mengirimkan usulan.

“Dari nama-nama yang masuk, yang ada usulannya minimal 2 pengusul kita kirimkan permintaan kesediaan menjadi pengurus. Kalau kurang dari dua pengusul, otomatis gugur. Selain itu, nama-nama yang masuk, juga kita verifikasi lagi,”tambah Isma, sapaan akrabnya.

Baca Juga :  Polisi Pastikan Anggota MIT Yang Tewas Tertembak adalah Suhardin

Dalam proses verifikasi, jika ada bakal calon yang tidak memenuhi syarat, misalnya umur saat Muswil lebih dari 41 tahun, atau tidak memiliki pengalaman sebagai pengurus di Ortom Muhammadiyah manapun, atau rangkap jabatan di Ormas lain, atau tidak taat asas, maka Panlih dengan segala kewenangannya akan mengeliminasi bakal calon tersebut.

“Yang dimaksud taat asas, adalah yang bersangkutan harus mengikuti apa yang menjadi keputusan Muhammadiyah dalam masalah mahdah dan muamalah,”tegas guru Al-Islam Kemuhammadiyahan SMK Muhammadiyah Palu ini.

Dari 15 nama yang ditetapkan dalam DCT, duet incumbent Ketua dan Sekretaris PW NA, Nova Herlina dan Nurul Huda, masuk dalam bursa calon Ketua dan Pimpinan NA Sulteng.

Baca Juga :  Wahid Irawan ditunjuk Plt Sekretaris DPRD Sulteng

Selain itu, dalam DCT juga masih didominasi alumni Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Berikut daftar lengkap DCT PW NA Periode Muswil XIV.

Fatimah Az Zahra, Fathia Suci Oktaviani A.S. Paliso, Iin Ermiwin, Ismawati, Kuliawati, Latifatunnisa, Ni Wayan Suastini, Nurul Huda, Nova Herlina, Rafika Ishak, Rahmi Ihsan, Rifka Yunita, Sarwindah, Zakiyah dan Zulfitrah.(**)

Pos terkait