Sulteng Penyangga IKN, Tugas Karantina Makin Berat

Kepala BKP Palu, drh. Indra Dewa meluncurkan aplikasi SI-CERMAT, di perayaan hari karantina tingkat Provinsi, di halaman Kantor Balai Karantina Kelas II Palu, Kamis 12 Oktober 2023. (FOTO : Istimewa)

PALU, CS – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sulteng meriahkan peringatan hari karantina tingkat provinsi, di halaman kantor Balai Karantina Kelas II Palu, Kamis 12 Oktober 2023.

Pada momen itu, jajaran BKP Palu yang dikepalai drh. Indra Dewa meluncurkan aplikasi Sistem Integrasi  Cepat, Efektif, Responsif, Mudah, Akuntabel dan Transparan (SI-CERMAT), guna percepatan layanan karantina berbasis digital.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Pemprov Sulteng Bahas Penyelesaian Huntap Bersama Deputi II Kepala Kepresidenan

Terobosan ini sangat diapresiasi gubernur, dengan harapan dapat mewujudkan layanan prima dan pemantik kinerja insan karantina dalam menjaga keamanan pangan.

Kepala Dinas TPH, Nelson Metubun yang mewakili Gubernur, Rusdy Mastura  menyampaikan, Sulteng sebagai penyangga utama Ibu Kota Nebagra (IKN) baru, berkorelasi pada meningkatnya tugas BKP sebagai gerbang keluar masuk, untuk memastikan tidak ada bahan-bahan pangan berbahaya terkirim ke IKN.

Bahan-bahan berbahaya yang jadi subyek karantina meliputi hama dan penyakit hewan karantina, hama dan penyakit ikan karantina, serta organisme pengganggu tumbuhan karantina.

Baca Juga :  Tahun Ini 10 Unit Ambulans dianggarkan Dari Pokir Fraksi PKS DPRD Sulteng

“Saya ucapkan selamat memperingati Hari Karantina dan semoga insan karantina tetap semangat dan komitmen dalam mengawal tugas-tugas karantina di Sulawesi Tengah,” ucap Kadis TPH Sulteng.

Dia berharap, peringatan Hari Karantina Pertanian ke-146 menjadi momentum penegasan eksistensi karantina, dalam menjaga kelestarian sumber daya hayati Indonesia, lebih khusus lagi Sulteng.

Sementara Kepala BKP Kelas II Palu drh. Indra Dewa meminta dukungan pemangku kepentingan dalam pelaksanaan tugas-tugas perkarantinaan.

Diakuinya, wilayah Sulteng yang luas menjadi tantangan tersendiri untuk bisa melayani dengan cepat dan optimal di tengah keterbatasan SDM yang ada.

Baca Juga :  Pemprov Sulteng Tetapkan Touna Status Tanggap Darurat Banjir

Karena itu, aplikasi SI-CERMAT hadir untuk menjawab kebutuhan publik yang ingin melakukan pelayanan mandiri dari mana saja dan kapan saja.

“Kami menggunakan sumber daya IT sebagai perpanjangan tugas untuk melayani masyarakat,” jelasnya.

Di kesempatan itu, BKP Kelas II Palu juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Gubernur, mitra kerja BKP dan badan usaha, atas dukungan mereka bagi penyelenggaraan tugas-tugas perkarantinaan.

Nampak hadir di acara pejabat Forkopimda, pejabat instansi vertikal, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, badan usaha dan mitra kerja. **

Pos terkait